Hah! Medan Peringkat 15 Penyelenggara UNBK Se-Sumut , Cek Daerah Lain di Sini

UN berbasis komputer

UN berbasis komputer

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Kota Medan yang seharusnya menjadi tolak ukur dalam hal penyelenggaraan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP sederajat, ternyata masih jauh tertinggal dengan beberapa kabupaten/kota yang ada di Sumatera Utara (Sumut).

Sebab, kota terbesar ketiga di Indonesia ini berada pada peringkat 15 se-Sumut dalam hal penyelenggara UNBK. Persentase penyelenggaraan UN online hanya mencapai 10,75 persen berdasarkan data Kemendikbud (http://ubk.kemdikbud.go.id/).

Mirisnya, angka 10,75 persen itu didominasi sekolah yang UNBK gabung atau menumpang yakni 7,44 persen. Sedangkan mandiri atau sekolah menyelenggarakan sendiri hanya 3,31 persen.

Praktisi pendidikan dari Universitas Negeri Medan, M Rizal Hasibuan menuturkan, faktor utama kenapa tak menyelenggarakan UNBK karena tidak ada fasilitas komputer yang memadai. Padahal, seharusnya tingkat SMP itu sudah bisa menggunakan teknologi dan jangan sampai ketinggalan.

“Bisa dilihat pada SD tertentu yang akreditasinya A dan B. Untuk ujiannya sudah berbasis komputer. Artinya, ini menunjukkan karena persoalan fasilitas,” tutur Rizal, Kamis (4/5/2017).



loading...

Feeds