Miris! Hanya Tiga SMP Negeri di Medan Gelar UNBK

UN berbasis komputer

UN berbasis komputer

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) baik itu Berbasis Komputer (UNBK) maupun Kertas dan Pensil (UNKP) secara serentak termasuk di Medan, hingga kini masih terus berlangsung, Kamis (4/5/2017). Kini, memasuki hari ketiga dengan mata pelajaran Bahasa Inggris.

Namun, dalam pelaksanaan UN di Medam khususnya UNBK masih memprihatinkan. Kota Medan yang seharusnya menjadi tolak ukur, ternyata belum bisa menjadi acuan maupun contoh.

Kenyataannya, penyelenggara UNBK khusus SMP Negeri (SMPN) masih minim. Pasalnya, hanya tiga sekolah yaitu SMPN 1, 9, dan 40. Bahkan, tahun lalu lebih parah sama sekali tidak ada sekolah negeri tingkat pertama yang UN online.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Medan, Hasan Basri mengakui jumlah SMP yang melaksanakan UNBK memang masih sedikit. Jumlahnya sebanyak 52 sekolah negeri dan swasta.

Sedangkan total yang mengikuti UN baik itu UNBK maupun UNKP 448 satuan pendidikan.

Meski demikian, Hasan mengaku sudah merancang langkah-langkah agar lebih banyak lagi SMP di kota Medan sebagai penyelenggara UNBK. Di antaranya dengan mendekati universitas-universitas serta stakeholder swasta untuk ikut membantu.

“Sedang diusahakan pengadaan komputer dan jaringannya. Di antaranya sekolah bisa membeli komputer dengan sistem cicilan,” ujar Hasan.

Diutarakannya, diharapkan tahun 2018 akan bertambah sekolah yang menggelar UN berbasis online tersebut. Paling tidak, minimal 5 sekolah negeri sebagai penyelenggara UNBK.



loading...

Feeds