Pengakuan Tahanan : Satu Kamar 30 Orang, Kami Kayak Binatang, Semua Pakai Uang

Warga menangkap tahanan yang kabur dari rutan selesai Shalat Jumat, (5/5/2017).
foto : ist

Warga menangkap tahanan yang kabur dari rutan selesai Shalat Jumat, (5/5/2017). foto : ist

Dari informasi yang berkembang, WR dikabarkan sempat disandera oleh tahanan. Begitu pintu terbuka, sekira 200-an tahanan lari keluar ke arah permukiman warga sekitar rutan.

Petugas langsung melakukan pemblokiran pintu, tahanan yang tertahan mengamuk dan melakukan pengerusakan terhadap fasilitas rutan. Pukul 13.30 WIB, Wakapolda Riau Brigjen Ermi Widyanto tiba dan melakukan pengecekan. Di saat bersamaan, penghuni rutan kembali membuat keributan.

Terjadinya keributan hingga menimbulkan kerusuhan diduga kuat terjadi karena akumulasi banyak masalah. Oknum petugas lapas disebut melakukan pemukulan terhadap salah satu penghuni rutan. Para pengunjung juga sering diperlakukan secara tidak manusia sehingga menimbulkan kemarahan.

Selain itu, tahanan juga masih sering di pungli oleh petugas dan mendapatkan pelayanan yang tidak baik. Di Rutan penganiayaan dikabarkan sering terjadi, sementara itu fasilitas kesehatan juga kurang baik. Tahanan merasa kesempatan beribadah dibatasi untuk waktu besuk, jika ingin ditambah harus membayar. (ali/iil/zar/JPG/nin)



loading...

Feeds