Pemahaman tentang Pajak Perlu Dimiliki Generasi Muda

Ilustrasi

Ilustrasi

 

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Untuk mewujudkan generasi muda yang paham dan sadar akan pentingnya pajak bagi pembangunan bangsa, perlu ditanamkan nilai-nilai pentingnya membayar pajak. Dengan begitu, perpajakan di Indonesia bisa menjadi lebih baik.

“Memang pemahaman tentang pajak perlu dimiliki oleh generasi muda, sehingga ke depan perpajakan kita akan lebih baik lagi,” ungkap Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Sumut I Mukhtar SH MM saat memberi kuliah umum di kampus Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Medan, baru-baru ini.

Disebutkan Mukhtar, kebijakan UMSU membuat tax centre (pusat pajak) di kampus membantu pemerintah melakukan sosialisasi tentang pajak. Tax centre bermanfaat sebagai tempat edukasi dan kajian tentang pajak bagi mahasiswa.

“Program tax centre UMSU sejalan dengan kebijakan pajak pemerintah yang sudah transparan. Untuk itu, kami berharap mahasiswa UMSU dapat memberikan hasil kajian tentang pajak,” cetus Mukhtar.

Lebih jauh Mukhtar mengungkapkan, UMSU satu-satunya institusi pendidikan di Sumut yang paling baik tingkat kepatuhan membayar pajak. Untuk itu, pihaknya menjadikan UMSU sebagai pilot project dalam memenuhi kepatuhan membayar pajak dan mengelola Tax Centre di kampus.

“Kepatuhan dan kepedulian UMSU pada pajak patut ditiru oleh institusi pendidikan yang lain,” tutur Mukhtar.

Menurutnya, UMSU turut berperan memenuhi perolehan total uang tebusan pada program Tax Amnesty. Dimana, DJP Sumut I merupakan terbaik di luar Pulau Jawa dengan jumlah mencapai Rp5 triliun.

“Kepedulian dan kepatuhan UMSU membayar pajak patut diapresiasi. Kepatuhan ini menandakan UMSU memiliki pemahaman yang tinggi terhadap kebijakan pajak yang dikeluarkan pemerintah. Selama ini banyak masyarakat enggan membayar pajak karena tidak paham perpajakan. UMSU satu-satunya perguruan tinggi yang memiliki komitmen pada pajak,” ujarnya.

Pada kuliah umum tersebut, dirangkai juga dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Rektor UMSU Dr Agussani MAP dan Kakanwil DJP Sumut I Mukhtar. Turut hadir, Wakil Rektor (WR) II Akrim MPd, WR III Dr Rudianto MSi, Dekan Fakultas Ekonomi Zulaspan Tufti MM, pimpinan fakultas dan ratusan mahasiswa D3 Perpajakan.



loading...

Feeds

UISU Menuju Research University

"Langkah itu, merupakan upaya konkrit dalam mencapai target UISU dari teaching university menjadi research university. Oleh karena itu, diharapkan terjadi …