Puluhan Mahasiswa di Medan Demo Tolak Kenaikan Tarif Air

Puluhan mahasiswa di Medan datangi kantor PDAM menolak kenaikan tarif air yang diberlakukan saat ini, Rabu (10/5/2017)
foto : fir/pojoksumut

Puluhan mahasiswa di Medan datangi kantor PDAM menolak kenaikan tarif air yang diberlakukan saat ini, Rabu (10/5/2017) foto : fir/pojoksumut

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Puluhan siswa dan mahasiswa Muhammadiyah Sumatera Utara melakukan aksi unjuk rasa di Kantor Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi, Jalan Sisingamangaraja, Medan, Rabu (10/5/2017) siang.

Dalam unjuk rasa tersebut, mereka meminta PDAM Tirtanadi untuk tidak menaikkan tarif air.

Pimpinan aksi, Khairul Hadi mengatakan, rencana kenaikan Tarif Dasar Air Minum mulai Mei 2017 menambah beban bagi masyarakat di Sumatera Utara.

“Naiknya tarif air sangat membebani masyarakat, padahal perusahaan tersebut milik Pemda. Akan tetapi, tidak ada kontribusi sama sekali dengan masyarakat,” ujar Hadi.

Para pengunjuk rasa juga menilai, direksi PDAM Tirtanadi telah melakukan pelanggaran hukum dan mal administrasi dalam menerbitkan Surat Keterangan (SK) direksi tentang penyesuaian tarif. Yaitu mengabaikan perintah untuk menjaring aspirasi pelanggan dan melaksanakan rapat konsultasi dengan DPRD Sumut sebelum menertibkan SK terkait penyesuaian tarif air minum.

“PDAM telah mengebiri perintah Perda dan Permendagri. PDAM bukan perusahaan milik Pempemprovsu yang hanya mencari keuntungan semata,” jelas Khairul.

Untuk itu, para pengunjuk rasa meminta agar Gubsu dan Dirut PDAM mengkaji ulang dan membatalkan kebijakan kenaikan tarif dasar air minum serta meminta aparat untuk mengusut tuntas dugaan korupsi yang dilakukan oleh pejabat di PDAM Tirtanadi terkait pengerjaan Instalasi Pengolahan Air (IPA).

“Kami meminta kepada Gubsu mengevaluasi kinerja direksi PDAM karena sudah dinilai gagal menjalankan tugas dan tanggungjawabnya,” tukas Khairul. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds

1.522 Mahasiswa Unimed Diwisuda

Rektor Unimed Prof Syawal Gultom mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan sudah lulus dari universitas yang telah meraih akreditasi A ini. …