Pungli Kepengurusan Akte Lahir, Dua Honorer Disdukcapil Ditangkap

Stop Pungli

Stop Pungli

POJOKSUMUT.com, TAPTENG-Dua tenaga honorer Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Tapteng ditangkap Tim Saber Pungli Kabupaten Tapteng dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT), Selasa (9/5/2017). Kedua orang itu ditangkap di dua tempat berbeda.

Pelaku ditangkap usai menerima uang dari warga yang mengurus akte kelahiran.

OTT dilakukan saat salah seorang target sedang menerima uang saat mengurus akte kelahiran. Setelah dilakukan pengembangan, Tim Saber Pungli kemabali menangkap seorang lagi di Jalan FL Tobing di depan Kantor Bupati Tapteng, usai mengikuti salah satu kegiatan keagamaan di lapangan sepak bola GOR Pandan.

Penangkapan diduga pelaku pungli yang kedua ini sempat mendapat perhatian dari masyarakat sekitar dan pengendara yang melintas. Pelaku langsung diboyong menggunakan mini bus Toyota berwarna hitam ke arah Mapolres Tapteng, walau sebelumnya sempat adu mulut dengan petugas.

Ketua Saber Pungli Tapteng Amakhoita Hia yang dikonfirmasi membenarkan jika anggotanya melakukan penangkapan. Namun Waka Polres Tapteng ini tidak mau menjelaskan secara rinci terkait OTT yang dilakukan.

“Sabar dulu ya, nanti kita kasih datanya, karena kita saat ini masih melakukan pendalaman,” tandasnya.

Sementara, Kadis Dukcapil Sunaryo Sipahutar yang dikonfirmasi mengatakan bahwa dua orang yang ditangkap OTT oleh tim Saber Pungli Tapteng itu bukan staf di Disdukcapil. Ia mengakui kedua orang itu pernah menjadi honorer pada dinas yang dipimpinya.

“Perlu saya tegaskan bahwa kedua orang yang ditangkap itu bukan staf saya. Dulu memang pernah bekerja sebagai honorer selama setahun dan sudah diputus kontraknya karena anggaran dari APBN hanya untuk satu tahun saja,” tegasnya.

Sunaryo juga menjelaskan, selama ini ia telah menekankan kepada seluruh stafnya untuk tidak melakukan pungutan dalam bentuk apapun dalam pengurusan surat kependudukan.

“Tahu sendiri kan gimana saya dari dulu menekankan hal itu kepada staf saya. Jadi perlu saya sampaikan lagi, mereka yang ditangkap itu bukan staf saya,” tandasnya. (ab/ara/nt/jpg/nin)



loading...

Feeds