Komnas HAM Sesalkan Sikap Yasonna Kunjungi Ahok Saat di Lapas Cipinang

POJOKSUMUT.com, JAKARTA-Belakangan ini foto Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly menjenguk terdakwa kasus penodaan agama Islam, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok saat di Lapas Cipinang, menjadi perbincangan publik.

Yasonna kemudian dinilai tidak peka dan menciderai rasa keadilan warga binaan Lembaga Pemasyarakatan di seluruh Indonesia.

Penilaian itu disampaikan Komisaris Komnas HAM Natalius Pigai menanggapi langkah sigap Yasonna yang mengunjungi Ahok beberapa jam setelah dijebloskan oleh jaksa atas perintah majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara.

“Apa tidak ada cara lain, diam-diam, telepon, atau perintahkan pimpinan. Kan ada teknik lain yang bisa dilakukan. Tetapi dia datang dengan secara terang-terangan, foto, disuting, dilihat, itu menyakiti perasaan jutaan warga binaan yang ada di seluruh Indonesia,” ujar Natalius Pigai, seperti dilansir Kantor Berita Politik RMOL (Jawa Pos Group).

Dia mengatakan vonis yang dijatuhkan hakim PN Jakarta Utara untuk Ahok adalah bagian dari proses hukum yang harus dihormati. Seberat apapun perasaan orang-orang yang bersimpati pada Ahok, tetapi sudah merupakan kewajiban sebagai warganegara menghormati proses hukum sebagai bagian dari ciri negara konstitusional.

Natalius lantas membandingkan perlakuan Yasonna kepada nenek Asyani yang dipenjara karena dituduh mencuri kayu. Juga pada Yusman Talambanua yang masih anak-anak dan sempat dijatuhi hukuman mati sebelum dibatalkan Mahkamah Agung (MA) dalam Peninjauan Kembali (PK).

“Mengapa Menteri mengunjung seorang Ahok yang superpower, gagah, berani, dan lantas masuk penjara (karena divonis menista agama). Ini menyakiti perasaan warga binaan dan keluarga mereka. Kok begitu mentalnya. Katanya revolusi mental,” pungkas Natalius Pigai.(dem/rmol/JPG/nin)



loading...

Feeds

1.522 Mahasiswa Unimed Diwisuda

Rektor Unimed Prof Syawal Gultom mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan sudah lulus dari universitas yang telah meraih akreditasi A ini. …