Pekerja Bangunan Temukan Ruangan Rahasia Peninggalan Belanda di Komplek Pesantren

Penjara bawah tanah peninggalan zaman Belanda yang ada di Pesantren.
foto : pojoksatu

Penjara bawah tanah peninggalan zaman Belanda yang ada di Pesantren. foto : pojoksatu

POJOKSUMUT.com, PENEMUAN ruangan bawah tanah di Kompleks Pondok Pesantren (Ponpes) Al Fatah di Pagelaran Ciomas Bogor, Jawa Barat membuat heboh.

Diduga, ruangan rahasia itu merupakan penjara bawah tanah peninggalan Belanda.

Penjara bawah tanah itu memiliki beberapa ruangan. Setiap ruangan dipasangi teralis besi layaknya penjara. Namun belum diketahui secara pasti berapa jumlah ruangan di tempat tersebut.

Penemuan ruangan bawah tanah itu bermula saat tukang bangunan menggali tanah di lokasi pembangunan masjid di komplek Ponpes Al Fatah.

“Jadi memang itu buat bangun masjid. Ditemukan waktu tukang bangunan menggali buat pondasi masjid,” ujar Warga Ciomas, Adi Warman (26) kepada pojokjabar, Kamis malam (11/5/2017).

Bibir pintu masuk ke ruangan bawah tanah itu menyerupai gua dan terdapat pagar besi. Pintunya terbuat dari batu bata merah, lengkap dengan teralis besi.

Menurut keterangan salah satu santri, di balik pintu selebar kurang lebih 100 centi meter itu ada sebuah kamar-kamar kecil. Namun tidak diketahui jumlahnya.

“Pada takut masuk karena di dalam gelap. Jadi belum bisa diketahui jumlah,” bebernya.

Penemuan ini juga langsung memantik reaksi sejarawan Universitas Padjadjaran (Unpad), Kunto Sofianto.

Kunto menilai, pemerintah perlu meneliti lebih lanjut penemuan ruangan bawah tanah di Desa Pagelaran, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor, Jawa Barat itu.

Kunto menduga, ruang bawah tanah itu merupakan bunker. Ia mengatakan, bunker ditemukan di di wilayah pusat pemerintahan Hindia Belanda. Misalnya di Buitenzorg atau Bogor.

Selain itu, bunker juga ditemukan di tanah Priangan, seperti Bandung dan Garut.

“Gedung Sate dekat Stasiun Bandung. Kemungkinan itu bisa juga. Tetapi kan ini belum diteliti,” ujarnya kepada Pojok Jabar, Kamis (11/5/2017).



loading...

Feeds