Seluruh Italia Bersatu Mendukung Juventus di Liga Champions

Luapan kegembiraan skuad Juventus setelah mengalahkan Monaco 2-1, Rabu (10/5/2017) dini hari.
foto : eufa.com

Luapan kegembiraan skuad Juventus setelah mengalahkan Monaco 2-1, Rabu (10/5/2017) dini hari. foto : eufa.com

POJOKSUMUT.com, LOLOSNYA Juventus ke final Liga Champions musim ini berdampak kepada banyak hal di Italia. Mulai soal kampanye bersatunya para suporter Italia di bawah bendera Juventini sampai pergeseran jadwal final Coppa Italia 2016-2017 ini.

Presiden Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) Carlo Tevecchio kepada Mediaset Premium kemarin (10/5) berkata lolosnya Juventus ke final adalah sesuatu yang layak dirayakan. Apalagi sudah kurang lebih tujuh tahun, tak ada wakil Italia yang mengangkat supremasi Liga Champions, Si Kuping Besar.

“Ini adalah hasil yang luar biasa, Juventus menunjukkan (mereka) kebanggaan Italia dan mengerek tinggi bendera kami. Kami berharap bendera Italia akan tetap mengudara dan kian berkibar saat di Cardiff (lokasi final Liga Champions, red.),” kata Tevecchio. “Kami semua berada di pihak Juventus,” tambah Tevecchio.

Rasa rindu publik Italia akan sukses di Liga Champions memang wajar. Dua tahun lalu, ketika Gianluigi Buffon dkk melangkah ke final Liga Champions 2014-2015 di Berlin, asa Juventini yang sempat melambung akhirnya patah. Barcelona menghempaskan Juventus dengan skor 3-1.

Inter Milan adalah tim Italia terakhir yang sanggup menjuarai Liga Champions. Yakni ketika Jose Mourinho memegang kendali tim pada musim 2009-2010 lalu. Pasca Inter, pamor klub-klub Italia tenggelam di bawah kibaran bendera wakil Spanyol. Meski Inggris (Chelsea) dan Jerman (Bayern Muenchen) masing-masing sempat mencuri sekali gelar juara pada 2011-2012 dan 2012-2013.
“Saya berharap (final Liga Champions) akan menajadi festival olahraga, dimana dua klub besar merepresentasikan wajah sepak bola elit Eropa dan tentu saja mereka tidak akan kekurangan determinasi,” tutur Tevecchio.

Menteri Olahraga Italia Luca Lotti pun memberikan selamat buat sukses Juventus yang menembus final Liga Champions ini. Dalam tiga musim terakhir, Nyonya tua dua kali melangkah ke partai puncak tiga kali.

“Maju ke final akan menjadi kesempatan yang penting bagi negara ini dan menunjukkan bagaimana klub seperti Juventus membuat investasi penting dan mencapai target yang luar biasa. Kini kita semua harus bersulang untuk Juventus,” kata Lotti kepada Mediaset Premium.



loading...

Feeds

3.457 Mahasiswa USU Diwisuda

"Dari 3.457 orang lulusan USU tersebut ini terdiri dari 1.248 orang pria (36,10%) dan 2.209 orang wanita (63,90%)," sebut Runtung.