Imbas 18 Tahanan Kabur, Propam Periksa Tiga Polisi Piket

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Rina Sari Ginting memberikan keterangan di Mapolres Binjai, Minggu (14/5/2017).‎
foto : fir/pojoksumut

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Rina Sari Ginting memberikan keterangan di Mapolres Binjai, Minggu (14/5/2017).‎ foto : fir/pojoksumut

POJOKSUMUT.com, BINJAI-Kasus kaburnya belasan tahanan dari jeruji besi Mako Satuan Reserse Narkoba Polres Binjai, Sabtu (13/5/2017) malam terus diselidiki Polda Sumut.

Hingga kini, Kapolres Binjai, AKBP M Rendra Salipu dan Kasat Reserse Narkoba AKP Bambang Tarigan belum diperiksa secara intensif oleh tim Paminal Bidang Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Sumut.

Hal itu disampaikan oleh Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Rina Sari Ginting di Mapolres Binjai, Minggu (14/5/2017).‎

“Tiga orang yang piket baru dimintai keterangan oleh Propam. Nanti akan berkembang dan akan diinformasikan,” ujar Rina.

Rina menguraikan, 18 tahanan Narkoba Polres Binjai itu kabur pada Sabtu (13/5/2017) pukul 20.00 WIB. Jumlah tahanan saat itu sebanyak 36 orang. Menurut Rina, mereka kabur dengan menjebol dinding tembok di atas kamar mandi.

“Tahanan kabur dengan melobangi dinding tembok di atas toilet yang kemudian mengarah atas gedung ini kira-kira dua meter dari bawah. Setelah dilakukan pemeriksaan, grendel pintu (alat) yang dilepas sebelumnya untuk membobol tembok. Satu persatu melarikan diri dari lobang itu kemudian ke tanah kosong di wilayah Polres juga,” ujar mantan Kapolres Binjai ini.

Malam itu, Mapolres Binjai mendadak diramaikan oleh perwira menengah dari Polda Sumut. Tim Jahtanras Polda Sumut pun dilibatkan untuk melakukan pengejaran. Rina melanjutkan, tim dari Itwasda dan Bidang Propam Polda Sumut tengah mendalami serta masih pemeriksaan intensif terhadap petugas yang sedang piket. Hasil pemeriksaan sementara, kaburnya mereka diperoleh informasi dari tahanan yang enggan melarikan diri.

“Kami akan evaluasi kembali sistem pengamanan, baik pengamanan gedung dan pengamanan dilakukan anggota. Intinya setiap anggota lalai akan dilakukan tindakan tegas melalui sidang displin atau kode etik,” kata Rina.

Dia merincikan, dari 6 tahanan yang sudah pulang kembali, 4 diantaranya diserahkan oleh keluarga. Adalah Rizqy Prayudha alias Yudha pada pukul 02.00 WIB, Boncu Ali Kenap pukul 02.30 WIB, Deni Syahputra alias Deni pukul 08.00 WIB dan Arfan Ramadan alias Dedek pukul 10.00 WIB. Sementara, Sehat Ginting alias Keling dan Radit Ananda Ginting ditangkap pada pukul 03.15 WIB serta 03.40 WIB, tak jauh dari Mapolres Binjai.

Menurut Rina, Kapolres Binjai langsung membentuk tim pascakaburnya tahanan. 60 personel Brimob Datasemen A Polda Sumut dan 200 personel Polres Binjai sejajaran dikerahkan untuk pengejaran terhadap tahanan yang melarikan diri. Kepada keluarga, Rina menghimbau untuk menyerahkan tersangka yang melarikan diri ke Polda Sumut maupun Polres Binjai.

“12 orang yang belum ditemukan supaya segera menyerahkan keluarganya yang kemungkinan berkomunikasi untuk menyerahkan diri atau hubungi kami juga untuk menjemput,” ujar perwira tiga melati emas di pundaknya ini.

Dia menambahkan, kepolisian sudah menerbitkan Daftar Pencarian Orang (‎DPO) terhadap 12 tahanan yang masih menghirup udara bebas.

“Kami segera share foto-foto 12 tahanan yang belum ditemukan. Masyarakat juga jika menemukan daripada 12 tahanan yang melarikan diri, agar segera hubungi Poldasu dan Polres Binjai,” ujarnya.

 



loading...

Feeds

SAH! Besok Kita Lebaran

Menurutnya, hilal terlihat di pada sudut ketinggian 3,88 derajat dengan umur bulan 8 jam 15 menit dan 24 detik. Hal …