Pengakuan Tahanan : Dinding Dijebol Selama Tiga Hari

Keenam tahanan yang kabur dan sudah balik ke Mapolres Binjai.
foto : rmol

Keenam tahanan yang kabur dan sudah balik ke Mapolres Binjai. foto : rmol

POJOKSUMUT.com, BINJAI-Sudah enam tahanan yang kabur dari sel Mako Satuan Reserse Narkoba Polres Binjai, Sabtu (13/5/2017) malam berhasil diamankan hingga Minggu (14//2017) sore.

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Rina Sari Ginting di Mapolres Binjai, Minggu (14/5/2017), menjelaskan tahanan kabur dengan melobangi dinding tembok di atas toilet yang kemudian mengarah atas gedung ini kira-kira dua meter dari bawah.

“Setelah dilakukan pemeriksaan, grendel pintu (alat) yang dilepas sebelumnya untuk membobol tembok. Satu persatu melarikan diri dari lobang itu kemudian ke tanah kosong di wilayah Polres juga,” ujarnya.

Keenam tahanan yang sudah balik kandang, enam diantaranya diserahkan oleh keluarga. Adalah Rizqy Prayudha alias Yudha pada pukul 02.00 WIB, Boncu Ali Kenap pukul 02.30 WIB, Deni Syahputra alias Deni pukul 08.00 WIB dan Arfan Ramadan alias Dedek pukul 10.00 WIB. Sementara Sehat Ginting alias Keling dan Radit Ananda Ginting ditangkap pada pukul 03.15 WIB serta 03.40 WIB, tak jauh dari Mapolres Binjai.

Mereka yang sudah kembali ke Polres Binjai \tampak mengalami sejumlah luka gores pada betis kaki kiri maupun kanan mereka. Ternyata, upaya mereka untuk lolos dari lobang yang bisa disebut berukuran kecil ini, dilakukan dengan paksa.

Namun, sebagian yang lari mengaku tak punya tujuan dan memilih kembali ke keluarga. “Saya sendiri lari, tidak ikut (rombongan). Sendiri saja. Saya lari ke rumah saya dengan jalan,” ujar Yudha.

Dia juga mengungkapkan, rencana pelarian sudah jauh hari dibicarakan. Termasuk pilihan menjebol dinding. “Kurang lebih, sudah tiga hari itu (dilakukan penjobolan dinding),” ujar tersangka Yudha.

Beda dengan tersangka Arfan. Pria yang meringkuk di sel tahanan sejak 24 April 2017 kemarin ini beralasan nekat kabur karena rindu kepada orang tuanya. Setelah jumpa, Arfan memutuskan untuk kembali menyerahkan diri.

“Cuma rindu orang tua saja. Sendiri keluar langsung ke rumah dengan jalan kaki. Sembunyi-sembunyi juga,” ujar warga Jalan Sepakat, Kelurahan Nangka, Binjai Utara ini. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds

SAH! Besok Kita Lebaran

Menurutnya, hilal terlihat di pada sudut ketinggian 3,88 derajat dengan umur bulan 8 jam 15 menit dan 24 detik. Hal …