Gaun Menteri Kebudayaan Israel Bikin Warga Palestina Marah

Gaun milik Miri Regeb berlukiskan wilayah di Palestina yang dicaplok Israel.
foto : palinfo.com

Gaun milik Miri Regeb berlukiskan wilayah di Palestina yang dicaplok Israel. foto : palinfo.com

POJOKSUMUT.com, BUSANA Menteri Kebudayaan Israel, Miri Regev menarik perhatian saat hadir dalam ajang Festival Film Cannes ke-70 tahun, beberapa hari lalu. Pasalnya, dia dianggap mengenakan gaun bermotif kontroversial dan seolah membawa aroma politik ke gelaran kompetisi sinema bergengsi itu.

Seperti dilansir dari laman Independent, Sabtu (20/5/2017), Regev menjadi sorotan ketika melintas di karpet merah. Dia mengenakan gaun panjang didominasi kelir putih dan emas. Namun, yang lebih menarik perhatian adalah gambar di pakaiannya. Yaitu pemandangan Kota Tua Yerusalem, Kubah Emas, dan Menara Daud.

“Tahun ini kami merayakan 50 tahun pembebasan dan penyatuan Yerusalem. Saya bangga mengenang peristiwa bersejarah ini melalui seni dan fesyen,” kata Miri saat ditanya soal gaunnya.

Dimaksud Miri adalah Perang Enam Hari pada 1967, di mana Israel mencaplok Yerusalem Timur. Miri menyatakan gaun itu dibuat desainer Aviad Herman.

“Ini juga bentuk penghargaan terhadap ibu kota abadi kami, Yerusalem,” ujar Miri yang juga sejawat Benyamin Netanyahu.

Pendudukan Israel terhadap Yerusalem Timur dan Tepi Barat tidak pernah diakui oleh banyak negara. Dengan sikap Miri menggunakan simbol itu dalam gaunnya justru memancing kemarahan dari warga Palestina dan juga Israel.

 

Gaun Miri Regev diubah netizen jadi seperti ini.
foto : english.palinfo.com

Kolumnis surat kabar Israel, Haaretz, menyatakan gaya pakaian Miri adalah cermin agresif, sinis, tingkah mencari kesempatan.
“Itu layaknya sebuah adegan film horor tentang penjajahan, di mana Regev menjadi bintangnya yang mana kami juga terlibat, tetapi melawan kehendak kami yang juga menyaksikan,” tulis kolumnis Haaretz, Shira Pur.

Tak pelak busana Miri menjadi bahan olok-olok di dunia maya. Mereka mengubah desain gaun itu dengan tema penjajahan zionis Israel terhadap Palestina. Malah, band heavy metal Cain and Abel asal Tel Aviv juga ikut-ikutan mengutak-atik gambar gaun dikenakan Miri. (theindependent/bbs/nin)



loading...

Feeds