Khusus Ramadhan, BI Sumut Gelontorkan Dana 4,3 Triliun

Uang

Uang

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Bank Indonesia (BI) Wilayah Sumatera Utara akan menggelontorkan dana untuk kebutuhan Ramadhan sampai lebaran tahun 2017. Dana yang digelontorkam mencapai Rp4,3 triliun.

“Dana yang akan digelontorkan ini menurun dari tahun 2016. Sebab, tahun 2016 kemarin dana untuk Ramadhan dan lebaran Rp4,5 triliun,” ujar Kepala Perwakilan BI Sumut, Arief Budi Santoso, Selasa (23/5/2017).

Menurut Arief, penyebab penurunan dana yang digelontorkan dikarenakan permintaan perbankan di kantor cabang di Medan tidak sebanyak tahun lalu.

Selain itu, dengan telah dibukanya kas titipan di kota Tebingtinggi dan Kabanjahe sehingga menyebabkan permintaan perbankan ikut menurun.

Kebutuhan uang ini, lanjutnya, tidak dibedakan oleh Bank Indonesia. Sebab, akan ada pecahan uang baru emisi baru 2016 dengan perincian pecahan Rp20 ribu, Rp10 ribu, Rp5 ribu dan Rp2 ribu.

Sedangkan pecahan uang Rp100 ribu dan Rp50 ribu akan bercampur dengan emisi lama maupun emisi 2016.

“Seperti biasa, BI kerjasama dengan bank akan membuka waktu penukaran uang baru ke masyarakat, dan BI akan memfasilitasi dengan 17 bank dari 76 kantor cabang bank di Medan untuk penukaran uang tersebut. Dari 17 bank ini, maka akan melayani nasabah maupun non nasabah, ” jelas Arief.

Dia menuturkan, pihaknya dalam waktu dekat akan melayani penukaran uang di Lapangan Benteng Medan. Dengan bekerja sama kepada 15 bank, penukaran uang itu dimulai pada 5 Juni hingga 22 Juni 2017 mendatang.

Namun, untuk BI sendiri akan melakukan layanan penukaran uang sejak 29 Mei hingga 2 Juni 2017.

“Kita lakukan penukaran uang di lapangan Benteng dengan menggunakan mobil perbankan seperti tahun sebelumnya. Selain bank umum, nantinya akan bekerja sama juga dengan BPR di kota Medan,” sebutnya. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds