UISU Menuju Research University

Kampus UISU

Kampus UISU

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) terus berbenah diri dan memperbaiki kualitas pendidikannya. Perbaikan yang dilakukan salah satunya menuju ‘Research University’.

Rektor UISU Prof Dr Mhd Asaad Msi menyatakan, UISU sesuai dengan Rencana Induk Pengembangan (RIP) akan bertransformasi menjadi Research University. Untuk proses pencapaian itu, saat ini sedang mengajukan proses pembukaan Program Magister Agroteknologi, Agribisnis dan Pendidikan Bahasa serta Sastra Indonesia.

Selanjutnya, pada tahun ini juga UISU akan mengajukan pembukaan Program Magister Pendidikan Agama Islam dan Akuntansi.

Dia menuturkan, jika semua waktu dihabiskan untuk mengajar, maka para dosen dan guru besar tidak akan punya waktu yang cukup untuk melakukan penelitian. Akibatnya, perguruan tinggi tidak akan pernah berubah menjadi universitas riset, tapi akan semakin memperkuat posisinya sebagai universitas pembelajaran (teaching university).

“Langkah itu, merupakan upaya konkrit dalam mencapai target UISU dari teaching university menjadi research university. Oleh karena itu, diharapkan terjadi peningkatan volume dan kualitas penelitian para dosen,” ujar rektor dalam acara wisuda 1.186 pascasarjana, profesi dokter dan sarjana, di Gedung Selekta Medan baru-baru ini.

Lebih lanjut diutarakannya, capaian akademik yang diraih para wisudawan diharapkan dapat dijadikan bekal guna menjalani kehidupan yang lebih baik di masa yang akan datang. Wisudawan diharapkan dapat terus menjaga dan meningkatkan nama baik almamater di mata masyarakat.

“Rintis dan kembangkanlah karir sesuai dengan bekal ilmu yang diperoleh di UISU untuk kepentingan Saudara dan keluarga, masyarakat, agama dan tanah air, Jadilah manusia yang banyak bermanfaat bagi manusia lainnya,” ujarnya.

Ia melanjutkan, keberadaan alumni sangat penting bagi kelangsungan akreditasi program studi dimana alumni menempuh pendidikan tinggi selama ini. Peranan alumni dapat berbentuk memberikan laporan masa tunggu bekerja, tempat bekerja, masukan bagi perbaikan proses pembelajaran, penggalangan dana, informasi peluang kerja dan membuat jejaring bagi alumni lain.

Ketua Umum Yayasan UISU Prof Dr Zainuddin MPd mengakui, bahwa mutu akademik hanya bisa dicapai apabila terus menembangkan sarana dan prasarana pendidikan. Seperti ruang kuliah yang nyaman, laboratorium, perpustakaan, sarana olahraga dan lain-lain.

“Untuk itu kami berkomitmen penuh untuk terus mengupayakan pengembangan dan penyempurnaan fasilitas agar mampu tercipta atmosfir akademik yang kondusif, sehingga pada gilirannya akan mampu mencetak alumni yang siap kerja,” ujar Zainuddin. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds