Alhamdulillah, Besok Kita Serentak Mulai Berpuasa 1 Ramadhan

Suasana buka puasa di Arab Saudi. Tahun ini, 1 Ramadhan di Tanah Air dimulai besok, 27 Mei 2017
http://satrianiwisata.com

Suasana buka puasa di Arab Saudi. Tahun ini, 1 Ramadhan di Tanah Air dimulai besok, 27 Mei 2017 http://satrianiwisata.com

POJOKSUMUT.com, JAKARTA-Kementrian agama menetapkan 1 Ramadhan, besok 27 Mei 2017. Ini berarti, tahun ini, pemerintah bersama Muhammadiyah dan Nahdhatul Ulama (NU) memiliki penghitungan yang sama tentang awal puasa.

Penetapan awal Ramadan 1438 Hijriyah atau bulan puasa pada 2017 hampir dipastikan tak akan ada perbedaan, antara metode imkanur rukyat (pengamatan,red) dan hisab.

Dalam paparan analisa tinggi hilal sebelum sidang isbat di kantor Kementerian Agama, Thamrin, ‎Jakarta, Jumat (26/5/2017), Cecep Nurwendaya anggota tim Hisab-Rukyat Kemenag menjelaskan bahwa secara hisab, posisi hilal saat ini ada di atas delapan derajat.

“‎Saat ini dikatakan bulan bersahabat, baik hati bulan untuk seluruh Indonesia. Ketinggian hilal sangat tinggi sekarang. 6, 8 derajat di paling timur. Di sini 8,5 derajat,” katanya, dalam paparan di ruang serbaguna. ‎‎

Sementara itu, Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin menegaskan beberapa petugas rukyatul hilal yang berada di bawah sumpah dalam laporannya melihat hilal seperti di NTT, Sulawesi Utara dan Kepulauan Seribu.

Sidang isbat dimulai mendengarkan laporan terkait posisi hilal yang tidak hanya dari Tanah Air, tapi juga di penjuru dunia.

Ketinggian hilal berada pada 8,51 derajat, sedangkan jarak bulan dan matahari 8,57 derajat. “Jadi kami bersepakat, bahwa malam ini memasuki 1 Ramadhan. Besok pagi kita akan mengawali puasa Ramadhan tahun ini,” jelasnya dalam siaran langsung paparan sidang isbat. (dkk/jpnn/nin/pojoksumut)



loading...

Feeds