Pengamat : Teror Bom Jakarta Tak Pengaruhi Geliat Ekonomi Sumut

Kondisi lokasi ledakan di Kampung Melayu, Rabu (24/5/2017) malam.
foto : HARITSAH ALMUDATSIR/JAWA POS

Kondisi lokasi ledakan di Kampung Melayu, Rabu (24/5/2017) malam. foto : HARITSAH ALMUDATSIR/JAWA POS

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Pengamat ekonomi dari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN Sumut), Gunawan Benjamin menilai ledakan bom yang terjadi di Jakarta beberapa hari lalu tidak mempengaruhi ekonomi di Medan maupun Sumut.

Hal ini terlihat kinerja pasar keuangan yang masih tetap dalam kondisi bagus.

“Tentunya kita mengecam tindakan teror seperti itu. Namun, pada dasarnya investor sudah sangat memahami bahwa ledakan bom itu bukan hal yang berkorelasi langsung terhadap ekonomi,” ujar Gunawan, Jumat (26/5/2017).

Meski demikian, sambungnya, pemerintah perlu melakukan upaya-upaya lanjutan termasuk memberantas jaringan teroris itu sendiri.

 

Upaya pencegahan perlu dilakukan agar semuanya menjadi lebih terkendali. Sebeab, intensitas serangan teror serta kualitasnya nantinya bisa mempengaruhi ekonomi.

“Apakah berpengaruh ke perekonomian Sumut, saya menilai ledakan bom di Jakarta tidak mempengaruhi. Akan tetapi, pada dasarnya serangkaian serangan teror tersebut bisa mempengaruhi perekonomian nasional. Namun, untuk saat ini serangan tersebut masih jauh dari kata mempengaruhi ekonomi nasional tanpa terkecuali perekonomian Sumut,” cetusnya. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds