Xiamen University Malaysia Tawarkan Beasiswa Penuh untuk Siswa Indonesia

Presiden Xiamen University Malaysia, Profesor Wang Ruifang (tengah) menjelaskan program beasiswa yang ditawarkan kepada siswa Indonesia, saat temu ramah tamah di Hotel JW Marriot Medan, Jumat (26/5/2017)
foto : fir/pojoksumut

Presiden Xiamen University Malaysia, Profesor Wang Ruifang (tengah) menjelaskan program beasiswa yang ditawarkan kepada siswa Indonesia, saat temu ramah tamah di Hotel JW Marriot Medan, Jumat (26/5/2017) foto : fir/pojoksumut

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Bagi lulusan SMA/SMK di Indonesia khususnya Medan ataupun Sumut yang ingin kuliah di Malaysia dengan kualitas terbaik, kini tak perlu bingung lagi untuk mencari perguruan tinggi.

 

Sebab, salah satu kampus swasta bertaraf internasional, Xiamen University Malaysia (XMUM), telah membuka pendaftaran penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2017/2018, Jumat (26/5/2017).

Tak sekedar membuka pendaftaran, perguruan tinggi yang merupakan cabang pertama di luar negeri yang didirikan oleh Universitas China memberikan beasiswa penuh kepada calon mahasiswa asal Indonesia.

Presiden Xiamen University Malaysia, Profesor Wang Ruifang mengungkapkan, beasiswa penuh yang akan diberikan kepada pelajar Indonesia tersedia bagi 20 orang. Tentunya, untuk pelajar yang berprestasi di tahun 2017.

Diutarakanya, tak hanya itu beasiswa juga diberikan kepada semua siswa Indonesia yang mendapat nilai rata-rata 90 persen pada Ujian Sekolah (US) dan Ujian Nasional (UN). Dalam program ini, diberikan beasiswa sebesar 80 persen dari biaya kuliah di tahun pertama studi mereka.

Selanjutnya, siswa yang mendapat nilai rata-rata 85 persen US dan UN akan mendapatkan beasiswa 80 persen dari biaya kuliah tahun pertama. Lalu, yang mendapat nilai rata-rata 80 persen US dan UN, akan mendapatkan beasiswa 30 persen dari biaya kuliah di tahun pertama.

“Indonesia memiliki banyak siswa cerdas dan juga merupakan siswa yang sangat penting bagi XMUM. Oleh karena itu, kami ingin mengajak pelajar yang berkualitas dengan tawaran beasiswa yang sepadan,” kata Wang dalam temu ramah tamah di Hotel JW Marriot Medan.

Dia menyebutkan, tawaran beasiswa tersebut dapat diperbarui setiap tahunnya dengan mempertahankan nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,2 untuk beasiswa 80 persen dan 50 persen. Sedangkan nilai IPK 3,0 untuk beasiswa 30 persen dalam studi mereka.

“Indonesia adalah negara pertama di luar Malaysia yang mahasiswanya diberikan beasiswa penuh. Oleh karenanya, hal ini menunjukkan penghargaan yang tinggi XMUM terhadap Indonesia,” tutur Wang yang didampingi Konsul Jenderal Malaysia di Medan, Amizal Fadzli Rajali dan Wakil Konsul Jenderal Republik Rakyat Tiongkok (RRT) di Medan, Chang Xiao Zhu.

Ia menjelaskan, Xiamen University yang berada pada peringkat 12 di China dan 37 se-Asia menawarkan 13 program sarjana (S1). Antara lain, Chinese Studies, Journalism, International Business, Accounting, Finance, Computer Science and Technology, Software Engineering, Digital Media Technology, New Energy Science and Engineering, Marine Biotechnology, Chemical Engineering, Electrical and Electronic Engineering, dan Traditional Chinese Medicine.

“Bagi siswa Indonesia yang Kuliah di XMUM, memperoleh beberapa keunggulan. Yaitu, integrasi sempurna antara elemen China dengan unsur pendidikan internasional melalui pengajaran menggunakan bahasa Inggris. Kemudian, daya saing yang kuat untuk berpartisipasi dalam pertukaran ekonomi, budaya, dan teknologi antara China dengan negara ASEAN,” papar Wang.



loading...

Feeds