Bea Cukai Amankan Dua Kapal, 1000 Balpres Pakaian Bekas Gagal Beredar

Monza yang diamankan beberapa waktu lalu di Api Kisaran. Kini, kejadian serupa lewat jalur laut
foto : metroasahan/jpg

Monza yang diamankan beberapa waktu lalu di Api Kisaran. Kini, kejadian serupa lewat jalur laut foto : metroasahan/jpg


POJOKSUMUT.com, MEDAN-Petugas Bea dan Cukai mengamankan 1000 balpres pakaian bekas alias monza, dari dua kapal motor di perairan Kuala Tanjung, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara, Sabtu dini hari (27/5/2017).

Kapal Bea dan Cukai BC 20008 yang tengah melaksanakan operasi Jaring Wijaya di perairan tersebut. Kemudian, petugas menghentikan laju kapal dan mengamankan dua kapal, yakni Kapal Motor Bintang Terang dan Kapal Motor Bintang Kejora.

Kepala Bidang Penindasan pada Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea Dan Cukai Sumatera Utara, Rizal menjelaskan penangkapan kedua kapal tersebut, berawal dari kecurigaan petugas. Dengan kecurigaan itu, petugas ‎KM Bintang Terang Abadi ditangkap.

Penangkapan kapal tersebut sempat mendapatkan perlawanan, karena nakhoda kapal sempat mencoba kabur.

“Setelah melakukan pengejaran sekira 20 menit, tepat pukul 00:50 WIB tadi akhirnya kapal tersebut bisa kita kuasai. Dari atas kapal, kita mengamankan sekira 700 Balpres Pakaian bekas serta nakhoda kapal dan 1 anak buahnya. Belakangan kita juga mengamankan tiga dari enam anak buah kapal yang sempat melompat ke laut saat kita lakukan pengejaran,” ungkap Rizal kepada wartawan di Medan.

Sementara itu, KM Bintang Kejora ditangkap sekira pukul 02:15 WIB. Saat akan ditangkap kapal tersebut tidak melakukan perlawanan dan seluruh anak buah kapal jumlah 4 orang dan termasuk nakhoda berhasil diamankan.

Dari kapal itu petugas menyita sekira 300 balpress pakaian bekas.

“Saat ini kedua kapal sudah ditarik ke pangkalan kita di Belawan untuk pemeriksaan lebih lanjut. Kedua kapal diperkirakan tiba siang ini,” tuturnya. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds