Anang Hermansyah Termasuk Figur Pilihan PAN Sebagai Cawagub Pilkada Jatim

Anang Hermansyah dan keluarga
foto : instagram ananghijau

Anang Hermansyah dan keluarga foto : instagram ananghijau

POJOKSUMUT.com, ARTIS yang kini jadi anggota DPR RI, Anang Hermansyah bakal kembali melebarkan sayapnya di dunia politik. Suami Ashanty itu diketahui menjadi figur pilihan Partai Amanat Nasional (PAN) yang menyatakan siap berkoalisi dengan PKB dalam meramaikan Pilgub Jatim 2018.

Namun, partai yang didirikan Amien Rais itu menawarkan kadernya untuk menjadi calon wakil gubernur.

Di DPRD Jatim, PAN hanya mempunyai 7 kursi wakil rakyat. Agar bisa ikut serta dalam mengusung calon gubernur dan wakilnya, mau tidak mau partai tersebut harus berkoalisi.

Untuk mengusung calon sendiri, partai harus mempunyai minimal 20 kursi di DPRD. Hanya PKB yang mememiliki 20 kursi.

Dengan jumlah kursi yang minim, partai yang diketuai Zulkifli Hasan itupun sadar diri. Ketua Bapilu DPP PAN Viva Yoga Mauladi mengatakan, pihaknya siap berkoalisi dengan PKB yang sudah pasti akan mengusung Saifullah Yusuf sebagai calon Gubernur Jatim.

“Kami siap kerjasama dengan PKB,” terang dia saat dihubungi Jawa Pos kemarin (27/5/2017).

Untuk mendampingi Gus Ipul, sapaan akrab Saifullah Yusuf, partai berlambang Matahari itu sudah menyiapkan calon wakil gubernur.

Ada beberapa kader yang mumpuni dan sudah berpengalaman. Kader itu siap mendampingi Gus Ipul dalam menjalankan roda pemerintah Provinsi Jatim selama lima tahun.

Diantara kader PAN yang siap diusung adalah Ketua DPW PAN Jatim yang juga mantan Bupati Lamongan Masfuk, Wakil Ketua Umum DPP PAN yang juga Bupati Bojonegoro Suyoto dan anggota DPR RI Anang Hermansyah. “Ini kader pilihan kami yang mumpuni,” terang politikus asal Lamongan itu.

Pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada calon gubernur yang akan diusung PKB untuk memilih mana kandidat yang cocok untuk menjadi orang kedua di Pemprov Jatim.

Tentu, lanjut Viva, akan diukur tingkat popularitas dan elektabilitas menurut hasil survei yang dilakukan nantinya.

Selain PAN, PDIP juga membuka ruang untuk berkoalisi dengan partai lain. Namun, sampai sekarang Partai Banteng belum menentukan partai mana yang akan diajak kerjasama mengusung calon gubernur.

“Pembicaraan dengan partai lain sudah ada, tapi belum tahapan koalisi,” terang Kepala Badan Saksi Pemilu Nasional DPP PDI Perjuangan Arif Wibowo.



loading...

Feeds