Ngakunya Pengusaha Jakarta, Mau Angkat Anak, tapi Ujungnya…

Zaki (memegang Hp) saat dimintai keterangan. Sementara Sumina (pakai jilbab) duduk di depannya.
foto : Jonatan Nainggolan/new tapanuli/jpg

Zaki (memegang Hp) saat dimintai keterangan. Sementara Sumina (pakai jilbab) duduk di depannya. foto : Jonatan Nainggolan/new tapanuli/jpg

POJOKSUMUT.com, ZAKI (38) terbilang lihai dalam menjalankan modusnya. Warga Serbalawan, Kecamatan Dolok Batu Nanggar, Simalungun ini mengaku seorang pengusaha sukses di Jakarta, dan diduga berhasil menipu korbannya Sumina.

Akibat kejadian, wanita berusia 47 tahun itu mengalami kerugian sekira Rp6 juta.

Informasi dihimpun, awalnya Zaki menawarkan kedua anak Sumina untuk dijadikan anak angkatnya. Nantinya setelah keduanya diangkat menjadi anak, Zaki juga berjanji akan memberikan sebagian harta kekayaannya kepada warga Kampung Titi Besi, Kecamatan Gunung Maligas. Peristiwa itu terjadi pada September 2016 lalu.

Menurut Sumina, ia mengenal Zaki melalui perantaraan temannya yang biasa disebut Bunda.

“Ada temannya, biasa dipanggil Bunda yang mengenalkan Zaki denganku. Waktu itu aku dan Bunda ketemu saat belanja di Pasar Horas. Menurut si Bunda, Zaki adalah orang kaya di Jakarta dan mau mengasuh anak orang untuk dijadikan anak angkat. Bahkan Zaki katanya berjanji akan memberikan seluruh harta kekayaannya,” kata Sumina di kantor polisi, Sabtu (27/5/201) siang.

Setelah itu komunikasi Sumina dan Zaki pun terjalin melalui telepon. Terakhir Bunda mengajak Sumina untuk bertemu langsung dengan Zaki. Nah, sewaktu ketemu ini, Zaki juga berjanji akan merawat kedua anak Sumina sampai besar, serta dijadikan anak angkat.

“Aku senang sekali waktu itu. Terus Zaki minta uang Rp3 juta dengan alasan untuk ongkos pulang ke Jakarta di bulan September 2016. Kemudian uang sebanyak Rp3 juta itu kukirim ke nomor rekeningnya,” ungkap Sumina.

Tak itu saja, pada akhir November 2016, Sumina bertemu lagi dengan Zaki di komplek Megaland Jalan Sangnauwaluh. Saat itu Zaki meminta uang Rp3 juta lagi sebagai biaya transportasi keberangkatan ke Jakarta membawa kedua anak Sumina. Tapi setelah uang diberikan, kedua anaknya itu tidak ikut dibawa ke Jakarta.

Sejak saat itu juga Zaki langsung menghilang. Lalu setelah sekira sembilan bulan menghilang dan tidak ada kabar, Zaki terlihat lagi, kemarin (27/5/2017).

Sumina dan suaminya yang melihat Zaki di Simpang Bah Jambi kemudian langsung menangkapnya.

“Tadilah dia ketemu sama kami di simpang Bah Jambi. Sempat juga dia mau dipukuli sama warga di sana. Terus polisi pun mengamankannya,” kata Sumina.

Pantauan wartawan, Zaki yang kesehariannya berprofesi sebagai supir pribadi itu hanya tertunduk lesu dan mengaku menyesali perbuatannya.

Kanit SPKT III Iptu P Nainggolan yang dikonfirmasi membenarkan pihaknya sudah mengamankan Zaki karena diduga melakukan penipuan. “Iya benar, saat ini pelaku Zaki masih kita amankan serta kita mintai keterangan,” katanya. (cr-01/hez/ms/jpg/nin)



loading...

Feeds