Terbukti Lalai, Polisi Tetapkan Sopir Truk Maut Jadi Tersangka

Terlihat sepeda motor masih tersangkut di kolong truk. Sopir truk kini resmi tersangka.
foto : Facebook

Terlihat sepeda motor masih tersangkut di kolong truk. Sopir truk kini resmi tersangka. foto : Facebook

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Saiful Fadli (41) harus mempertanggungjawabkan insiden berdarah saat truknya menabrak kerumunan pengemudi sepeda motor di lampu merah Jalan Ringroad, Minggu (28/5/2017) kemarin.

Polisi secara resmi menetapkannya sebagai tersangka. Ini tak lain karena sopir truk pengangkut alat berat itu telah menyebabkan tiga orang tewas dan enam orang lainnya menderita luka.

Kasat Lantas Polrestabes Medan, AKBP Indra Warman kepada wartawan, menjelaskan penetapan Saiful menjadi tersangka telah melalui proses penyelidikan. Ia juga mengatakan bahwa kecelakaan fatal tersebut juga diakibatkan oleh rem truk yang tak berfungsi alias blong.

“Statusnya sudah menjadi tersangka, ia terbukti lalai mengendarai truk, hingga menyebabkan tiga orang (satu keluarga) meninggal dunia dan beberapa lainnya luka-luka,” jelasnya, Senin (29/5/2017).

Indra membeberkan beberapa faktor kelalaian yang mereka temukan dalam pemeriksaan diantaranya Saiful mengetahui rem tangan truknya sudah rusak sejak beberapa bulan lalu.

Kemudian sopir juga tidak memeriksa kondisi kendaraannya saat hendak berangkat dari titik istirahat. Namun, ia tidak sepenuhnya menjadi orang yang diperiksa dalam kasus ini. Polisi menurutnya juga sedang berkoordinasi dengan pihak Dinas Perhubungan Kota Langsa, mengenai pemeriksaan terakhir izin dari truk yang dikemudikan oleh Saiful.

“Terakhir pengakuannya mengecek speksi pada tahun 2016 tapi tidak membawa kendaraannya untuk diperiksa ke dishub. Makanya kita himbau agar dalam pemeriksaan speksi kendaraan, bawa jugalah kendaraannya untuk dicek fisik,” ujarnya

Dari pengakuan tersangka kepada polisi, saat itu dirinya tengah mengendarai truk tersebut dari Aceh dan hendak menuju Marindal, Kecamatan Patumbak. “Tersangka juga mengaku bahwa saat berada di traffic light, rem truk blong hingga tabrakan tak terhindarkan,” terang Indra.

Sementara itu, polisi juga sedang memburu pengendara mobil pick up yang berjalan beriringan dari sisi kiri truk tersebut. Sebab, dari rekaman CCTV, mobil tersebut juga terlihat menabrak dan menggilas dua pengendara motor yang terjatuh dihantam truk pengangkut alat berat itu. (rgu/ring/pojoksumut)



loading...

Feeds