Belum Diusung Nasdem, Tengku Erry Melamar ke PKB

Gubsu Tengku Erry

Gubsu Tengku Erry

 

POJOKSUMUT.com, MEDAN – Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi diam-diam terus menjalin komunikasi dengan berbagai partai politik.

Ketua DPW NasDem Sumut tersebut ternyata sudah resmi melayangkan surat permohonan dukungan kepada DPW PKB Sumut.

Alih-alih dia mengambil langkah tersebut karena belum mendapat kepastian dari partainya apakah akan diusung pada Pilgub Sumut 2018 mendatang.

“Dua pekan yang lalu saya terima surat permohonan dukungan dari Tengku Erry untuk Pilgubsu 2018,” kata Ketua DPW PKB Sumut Ance Silian, seperti dilansir Sumut Pos (Jawa Pos Group), Selasa (30/5).

Sebelum meminta dukungan melalui surat resmi, kata Ance, gubernur incumbent itu sudah berkomunikasi secara informal dengan dirinya. Selain itu, Erry juga sudah bertemu sebanyak dua kali dengan Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar.

“Dua kali Pak Tengku Erry sudah bertemu ketua umum (Muhaimin Iskandar), sekali bertemu saat ketua umum ada agenda ke Medan. Kedua, giliran Pak Erry yang mendatangi kediaman ketua umum di Jakarta,” jelas mantan anggota DPRD Sumut ini.

Menurut Ance, sosok yang benar-benar serius dan sungguh-sungguh ingin bertarung di Pilgubsu hanyalah Tengku Erry. “Kalau PKB berpikir seperti itu, karena memang hanya incumbent yang baru menjalin komunikasi dengan PKB,” tuturnya.

Dia pun yakin dukungan atau rekomendasi dari DPP PKB untuk pencalonan Erry akan keluar dalam waktu dekat. Akan tetapi, sebelum sampai ke moment itu. Karena PKB Sumut akan terlebih dahulu menggelar Rakorwil.

“Di Rakorwil itu dukungan secara resmi dari PKB Sumut akan disampaikan dan merekomendasikan agar DPP menyetujui itu. Kenapa PKB cocok dengan Tengku Erry, karena visi misi PKB sejalan dengan program Pemprovsu,” terangnya.

PKB, lanjut Ance, tidak akan melakukan penyanderaan terhadap Tengku Erry dalam hal pemilihan sosok calon wakil gubernur. “Kalau ada deal politik seperti itu maka sama dengan penyanderaan politik. PKB tidak akan melakukan hal itu, biar calon wakil dipilih sendiri oleh beliau,” ungkapnya.

Walau sudah melamar ke PKB, Ance tetap yakin Partai NasDem akan memberikan atau menjatuhkan pilihan kepada sosok Tengku Erry Nuradi.

“Kalau NasDem bilang menunggu hasil survei, saya yakin hasil survei Pak Erry akan bagus. Minimal di atas 50 persen elektabilitasnya. Sebagai incumbent tentu memiliki nilai lebih, dan itu bisa dimanfaatkan untuk mendongkrak elektabilitas dan popularitas,” katanya.

Korwil DPP Nasdem Wilayah Sumut Martin Manurung mengaku, belum mendengar adanya komunikasi politik yang sudah dijalin Tengku Erry Nuradi dengan parpol lain.

“Saya belum dapat infonya. Tapi kalau pun begitu ya bagus. Artinya beliau mulai penjajagan ke partai-partai lain untuk menyusun koalisi. NasDem justru mempersilakan untuk menjalin koalisi,” kata Martin.

Menurutnya, NasDem saat ini sudah melakukan survei terhadap Tengku Erry Nuradi. “Hasil dari survei-survei tersebut akan dijadikan evaluasi dan bahan mengambil keputusan, rencananya Agustus akan diumumkan hasil survei,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Umum DPP Partai NasDem Surya Paloh bicara blak-blakan mengenai nasib Tengku Erry Nuradi di Pilgubsu 2018. Surya Paloh menegaskan, hasil survei lembaga independen yang dipercaya sepenuhnya oleh Partai NasDem sangat menentukan.

(sp/jpg/pojoksumut/sdf)



loading...

Feeds