Hari Ini, Hasil UN SMP Sederajat Diumumkan

Ilustrasi UN. Hari ini hasil UN SMP diumukan

Ilustrasi UN. Hari ini hasil UN SMP diumukan

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Tak terasa sebulan sudah pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMP sederajat tahun ini berlalu. Kini, hasil UN tersebut dijadwalkan akan diumumkan pada hari ini, Jumat (2/6/2017).

“Kemarin telah diserahkan hasil UN SMP, MTs dan Paket B kepada Dinas Pendidikan kabupaten/kota se-Sumut. Hari ini, hasilnya akan diumumkan sekolah,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Sumut Arsyad Lubis.

Dia berharap, hasil UN tersebut dapat segera disampaikan langsung kepada sekolah masing-masing agar mereka bisa mengetahui tingkat atau mutu pendidikannya.

“Dari hasil itu bisa dilihat pemetaan tingkat pendidikannya bagaimana. Kita pun bisa melakukan intervensi, misalnya terhadap sekolah yang mendapatkan hasil kurang baik,” kata Arsyad.

Ia menyatakan, ada dua hal yang menjadi penyebab mutu sekolah itu baik atau kurang. Pertama kualitas gurunya, dan kedua sarana serta prasarana sekolah.

“Kalau kualitas gurunya yang menjadi penyebab, maka kita akan lakukan peningkatan mutu guru. Sedangkan bila sarana dan prasarana yang kurang maka tentunya akan dilengkapi,” tandasnya.

Sementara, Plt Kepala SMPN 1 Medan Adlan mengatakan, di sekolahnya tercatat peserta UN dengan berbasis komputer sebanyak 382 siswa. Mereka dibagi ke dalam 4 ruangan dan tiga sesi.

“Semua siswa pada saat UN hadir atau tidak ada yang absen maupun izin. Harapannya tentu mendapatkan nilai yang bagus dan bisa lulus 100 persen,” tuturnya. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds