Pendaftaran Siswa Baru SMA/SMK Negeri di Sumut Terapkan Sistem Online, Begini Caranya

ilustrasi belajar di SMA Medan. 
foto : dok/pojoksumut

ilustrasi belajar di SMA Medan. foto : dok/pojoksumut

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Pendaftaran siswa baru atau Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA/SMK Negeri di Sumatera Utara (Sumut) tahun ajaran 2017/2018, kini akan menerapkan sistem online.

Artinya, siswa tidak perlu lagi mendaftar secara manual ke sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan Sumut Arsyad Lubis menjelaskan, dalam sistem ini setiap siswa berhak memilih dua sekolah pada pilihan 1 dan pilihan 2. Pilihan tersebut meliputi dalam wilayah dan luar wilayah dengan masing-masing kesempatan.

“Apabila siswa memiliki pilihan 1 dan pilihan 2 merupakan dalam wilayah, maka mempunyai 4 kali kesempatan. Lalu, apabila pilihan 1 luar wilayah dan pilihan 2 dalam wilayah, maka mempunyai 3 kali kesempatan. Selanjutnya, apabila pilihan 1 dalam wilayah dan pilihan 2 luar wilayah, maka mempunyai 3 kali kesempatan. Kemudian, apabila pilihan 1 dan pilihan 2 merupakan luar wilayah, maka mempunyai 2 kali kesempatan,” jelas Arsyad, Jumat (2/6/2017).

Diutarakannya, untuk siswa yang memilih SMK, memiliki ketentuan dapat memilih 2 SMK dengan 2 program keahlian yang sama. Apabila memilih 2 program keahlian berbeda, maka 1 pilihan SMK.

“Pada sistem ini tata cara pelaksanaan penerimaan dibagi menjadi dua jalur. Antara lain, jalur akademik (72 persen) dan jalur non akademik (28 persen),” beber Arsyad.

Ia menyebutkan, untuk jalur akademik meliputi dalam wilayah kab/kota 62 persen dan luar wilayah kab/kota 10 persen. Pada jalur akademik ini penilaiannya dari total nilai UN, peringkat nilai UN berdasarkan urutan mata pelajaran, dan jarak tempat tinggal calon peserta dengan sekolah pilihan.



loading...

Feeds

Rumah Pensiunan PLN Nyaris Jadi Abu

Informasi yang diperoleh, api diduga berasal dari korsleting listrik pada bagian atap rumah tersebut. Warga yang mengetahui langsung berusaha memadamkan …