Sistem PPDB Online Diyakini Mampu Minimalisir Kecurangan

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online tingkat SMA/SMK Negeri di Sumatera Utara (Sumut) yang akan segera diterapkan, diyakini mampu menekan berbagai kecurangan yang kerap terjadi setiap tahunnya.

Permasalahan PPDB yang kerap dihadapi selama ini, antara lain penggelembungan jumlah siswa, adanya siswa titipan atau ‘siluman’ hingga pungli.

“Sistem atau jaringan PPDB yang dibangun itu, bertujuan agar tidak ada lagi permasalahan-permasalahan seperti sebelum-sebelumnya yang membuat masyarakat resah. Diyakini dengan sistem tersebut dapat diminimalisir,” kata Kepala Dinas Pendidikan Sumut Arsyad Lubis, Senin (5/6/2017).

Diutarakannya, tujuan lain aplikasi tersebut dibangun supaya tidak ada lagi masyarakat yang berbondong-bondong mengejar sekolah favorit, yang menyebabkan munculnya isu-isu miring. Selain itu, untuk meningkatkan integritas dan tingkat kejujuran.

“Dengan sistem ini, maka penerimaan siswa di sekolah lebih merata,” ucap Arsyad.

Dikemukakannya, penerimaan siswa baru SMA/SMK dengan sistem tersebut tidak hanya meliputi pendaftaran saja. Akan tetapi, termasuk juga di dalamnya ujian secara online. Sistem itu tidak jauh berbeda dengan seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN).

“Dalam sistem itu kira-kira diketahui berapa daya tampung sekolah, dan yang diterima sesuai urutan kemampuan siswa. Artinya, semua tersistem,” cetusnya.

Dia menambahkan, jika aplikasi online ini sudah selesai pihaknya akan membangun aplikasi untuk pengangkatan kepala sekolah (kepsek). Kini, sedangkan disiapkan bagaimana prosesnya.

Sementara, praktisi pendidikan dari Lembaga Riset Publik (Larispa) Indonesia, M Rizal Hasibuan menilai, penerapan sistem online dalam PPDB SMA/SMK di Sumut sangat baik. Dia pun mendukung terobosan yang dilakukan Disdik Sumut tersebut.

“Sangat baik penerimaan siswa baru dilakukan secara online. Karena, selain dapat menekan angka kecurangan juga meningkatkan kualitas pendidikan di Sumut,” ujar Rizal. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds