Terapkan PPDB Online SMA/SMK, Disdik Sumut Harus Gencar Sosialiasi

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Dinas Pendidikan Sumatera Utara (Disdik Sumut) diminta gencar melakukan sosialisasi dalam penerapan sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online tingkat SMA/SMK Negeri. Pasalnya, masih banyak masyarakat yang belum memahami betul sistem tersebut.

“Dalam penerapan sistem ini diharapkan sosialisasi gencar dilakukan. Sebab, tidak semua siswa maupun orang tua murid paham dengan sistem itu,” ujar Wakil Kepala SMA Negeri 14 Medan, Salamuddin, Selasa (6/6/2017).

Dikatakannya, dikhawatirkan apabila siswa atau orang tuanya tidak paham mereka datang ke sekolah dan meminta formulir pendaftaran. Padahal, semua prosesnya sudah tersistem secara online.

“Makanya, hal itu harus dipikirkan juga,” ucapnya.

Tak jauh beda diungkapkan praktisi pendidikan dari Lembaga Riset Publik (Larispa) Indonesia, M Rizal Hasibuan. Dia menilai masih banyak masyarakat yang melek teknologi. Namun begitu, masyarakat juga harus mengikuti perkembangan zaman.

“Tidak ada pilihan selain mengikuti perkembangan. Masyarakat sudah sepatutnya dipaksa mengerti dengan perkembangan teknologi. Masyarakat harus menyesuaikan diri dengan perkembangan terkini. Bukan sebaliknya, teknologi yang menyesuaikan diri kepada masyarakat. Sebab, kalau tidak begitu bagaimana dunia pendidikan di Sumut akan maju dan berkembang,” tukas Rizal. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds