Harga Cabai Merah di Medan Masih Terpuruk

Cabai Merah

Cabai Merah

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Harga cabai merah di Kota Medan, Sumateta Utara masih terpuruk. Bahkan, harga salah satu komoditas penyumbang inflasi terbesar di Medan ini mengalami penurunan yang cukup signifikan.

Salah seorang pedagang sayuran di Pasar Kwala Bekala Kec Medan Johor, A Sinuhaji menyebutkan, harga cabai kini dijual sekitar Rp12.000 per kg. Malahan, sebelumnya sempat dijual beberapa hari pada harga Rp8.000 hingga Rp10.000 per kg

“Memang sudah mulai mengalami kenaikan dibandingkan harga pekan lalu. Naiknya sedikit saja, paling-paling Rp2.000 hingga Rp3.000 per kg,” tuturnya saat ditemui, Rabu (7/6/2017).

Diakui dia, pada saat harga cabai merah anjlok banyak konsumen yang membelinya dalam jumlah banyak. Lantaran, dikhawatirkan harganya akan melambung. “Banyak yang borong, sekilo dua kilo. Karena biasanya kalau sudah dekat-dekat lebaran harganya akan naik. Jadi sekarang banyak orang yang beli, untuk persiapan lebaran,” sebutnya.

Hal senada diutarakan Tami, pedagang Pusat Pasar Tradisional Medan. Kata dia, harga cabai merah kembali mengalami kenaikan setelah bertahan di harga murah Rp8.000 hingga Rp10.000 per kg.

“Kalau sekarang ini mulai naik, tapi kalau minggu lalu murah kali. Namun, harganya masih terbilang sangat murah. Kemungkinan karena stoknya melimpah,” ujarnya.

Tak jauh beda dikatakan Ketua Tim Pemantau Harga Pangan Sumut, Gunawan Benjamin. Disebutkan dia, harga cabai merah diperdagangkan di harga 12.000 per kg. Namun, sebelumnya sempat anjlok hingga Rp8.000 per kg dan itupun tergantung kualitasnya.

“Penurunan harga cabai merah itu saat ini sangat mengkhawatirkan. Saat ini jumlah persediaan terus melambung. Dengan penurunan harga cabai saat ini, konsumen sudah pasti akan sangat diuntungkan,” tuturnya.

Meski demikian, di sisi lain inflasi juga akan lebih mudah untuk dikendalikan. Hanya saja yang menjadi persoalan adalah bagaimana nasib petani cabai dengan harga segitu. Jika harga cabai dijual di harga Rp12.000 saja per kg. Maka, sudah bisa dipastikan harga cabai di tingkat petani itu berada di bawah Rp8.000 per kg.

“Bisa dipastikan petani mengalami kerugian dengan harga segitu. Penurunan harga cabai ini tentunya akan membuat laju tekanan inflasi selama ramadan relatif menjadi lebih kecil.



loading...

Feeds