JPU Akhirnya Cabut Banding Perkara Ahok, Ini Alasannya

Ahok berada di ruang tunggu Lapas Cipinang sebelum dipindahkan ke Mako Brimob
foto : istimewa

Ahok berada di ruang tunggu Lapas Cipinang sebelum dipindahkan ke Mako Brimob foto : istimewa

POJOKSUMUT.com, JAKARTA-Jaksa penuntut umum (JPU) perkara penistaan agama dengan tervonis Basuki Tjahaja Purnama, akhirnya mencabut upaya banding yang sudah diajukan lewat Pengadilan Negeri Jakarta Utara, pada Selasa (6/5/2017). JPU menilai, upaya banding sudah tidak bermanfaat lagi.

“Selasa sore kami ajukan, diterimanya sama PN Jakarta Utara itu kemarin,” kata Ketua Tim JPU Ali Mukartono di Kejaksaan Agung, Jakarta Selatan, Kamis (8/6/2017).

Ali menjelaskan, upaya banding sudah tidak tepat lagi digulirkan. Pasalnya, kubu Ahok pun sudah mencabut upaya banding, sehingga melanjutkan banding akan merugikan kejaksaan.

“Sudah kami berjuang. Aku berjuang untuk manfaat. Sudah tidak ada manfaatnya lagi jaksa banding,” kata dia.

Saat disinggung mengapa tidak mencabut upaya banding sejak awal, dia berdalih tengah memantau keadaan.

Selain itu, dia ingin memastikan bahwa berkas pencabutan banding kubu Ahok sudah dieksekusi oleh pengadilan.

“Karena dia (Ahok) banding. Kalau aturannya, orang yang bisa kasasi itu jika melalui banding. Nanti kalau putusan merugikan, kami enggak bisa kasasi,” jelasnya.

Mengenai vonis majelis hakim yang menjatuhi hukuman melebihi tuntutan JPU, menurutnya hal itu wajar. Dia mengaku menghormati putusan hakim.

“Itu masih dalam lingkup dakwaan jaksa. Itu kan hanya perbedaan pilihan. Masih lingkup dakwaan. Kecuali dia bebas, lain lagi,” pungkas Ali.(mg4/jpnn)



loading...

Feeds