Berkaca dari Kisah Jupe, Kenali Gejala Kanker Serviks Sejak Dini

ilustrasi
foto : caramedis

ilustrasi foto : caramedis

POJOKSUMUT.com, SERING kali, gejala awal penyakit kanker serviks sering tidak terdeteksi. Karena itu, pemahaman dan edukasi harus diberikan kepada seluruh kaum hawa.

Hal itu agar terhindar dari penyakit mematikan yang diderita artis Julia Perez atau Jupe.

Pakar Kesehatan Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI) Agung Waluyo menjelaskan, gejala awal yang dialami seseorang pengidap kanker serviks, biasanya mengalami keputihan hebat. Hal itu kemungkinan besar juga dialami Jupe.

“Kalau seseorang mengalami keputihan berkepanjangan, beberapa bulan, harus curiga ada apa ini,” tegas Agung kepada JawaPos.com (grup pojokusumut), Sabtu (10/6/2017).

Apalagi jika keputihan sudah disertai bercak-bercak merah meski tidak sedang menstruasi. Ditambah lagi aroma keputihan yang berbau tak sedap membuat seseorang harus segera pergi ke dokter.

“Hal ini dipengaruhi oleh kebersihan alat vital atau genital. Biasanya yang bersangkutan (Jupe) atau penderita kanker serviks lainnya pasti sudah mencoba membersihkannya dengan air sirih atau ganti pembalut lebih sering,” jelas Agung.

Jika seseorang mengalami keputihan lebih dari satu bulan dan tak ada perubahan, maka harus waspada. “Segera diperiksa dokter. Modelnya seperti apa, disertai bau apa tidak, keputihan parah atau tidak,” tuturnya.

Saat seseorang mengalami keputihan seperti itu, Agung menilai bisa jadi hal itu merupakan gejala stadium awal kanker serviks. Namun jangan-jangan, bisa jadi virus kanker di bagian dalam sudah menyebar lebih luas.

“Bisa dikatakan stadium awal, tergantung posisinya di mana. Kalau di bagian luar lebih sedikit, bisa jadi di bagian dalam lebih banyak,” tukasnya. (cr1/JPG/nin)



loading...

Feeds