Kandaskan Venezuela, The Young Lions Juara Piala Dunia U-20

Selebrasi Skuad Inggris Muda usai memastikan juara Piala Dunia U-20.
foto : FIFA.com

Selebrasi Skuad Inggris Muda usai memastikan juara Piala Dunia U-20. foto : FIFA.com

POJOKSUMUT.com, SKUAD Inggris muda sukses menjadi juara di Piala Dunia U-20. Ini setelah kemenangan dengan skor 1-0 atas Venezuela di laga final.

Adalah Dominic Calvert-Lewin yang menjadi pahlawan dengan mencetak gol semata wayang bagi The Young Lions-julukan Timnas Inggris di laga yang berlangsung di Suwon World Cup Stadium, Korea Selatan, Minggu (11/6/2017) malam itu.

Bagi Inggris, ini menjadi gelar perdana sepanjang penampilan di Piala Dunia U-20. Selain itu, juga menjadi pelepas dahaga atas prestasi sepak bola mereka yang sudah lama mengalami paceklik gelar.

Bayangkan saja, meski dikenal sebagai pelopor lahirnya olahraga sepak bola, tim senior Inggris terakhir kali menjadi juara Piala Dunia pada 1966 di rumah sendiri, usai mengalahkan Jerman Barat pada partai puncai di Stadion Wembley.

Setelah lebih dari separuh abad menanti, akhirnya gelar bergengsi yang dinanti hadir melalui anak asuh Paul Simpson. Gol semata wayang Calvert-Lewin 10 menit jelang babak pertama tuntas menjadi penentu pesta Inggris.

Tak cuma itu, keberhasilan kiper Freddie Woodman menggagalkan penalti Adalberto Penaranda pada menit ke-74 juga menjadi momen kunci keberhasilan Inggris. Dominic Solanke dan kawan-kawan berhak mengangkat trofi juara Piala Dunia U-20 2017.

Keberhasilan semakin sempurna dengan dinobatkannya Solanke sebagai pemain terbaik dan berhak atas trofi Golden Ball. Sementara kiper Woodmann juga meraih Golden Glove award sebagai kiper terbaik.

Sebelumnya, Italia yang dikalahkan Inggris di semifinal, merebut tempat ketiga usai menang adu penalti atas Uruguay. Penyerang Italia, Riccardo Orsolini, menyabet gelar top skorer berkat koleksi 5 gol sepanjang turnamen.

Di pentas Piala Dunia U-20, Argentina masih menjadi pengoleksi gelar terbanyak dengan 6 kali juara diikuti Brasil dengan lima kali, serta Portugal dan Serbia masing-masing dua kali. (ira/JPG/nin)



loading...

Feeds