UMA Segera Buka Program Doktor Administrasi Publik

ilustrasi

ilustrasi

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Rasa syukur disampaikan pimpinan Pascasarjana Universitas Medan Area (UMA). Hal ini dikarenakan perkembangan empat program studinya kini seluruhnya telah terakreditasi B dari BAN-PT dan bersertifikat ISO 9001:2015. Namun, yang terpenting dalam waktu dekat ini prodi S3 Administrasi Publik akan segera dibuka.

Hal itu diungkapkan Direktur Pascasarjana UMA Prof Dr Ir Retna Astuti K MS dalam pertemuan buka puasa bersama sekaligus pemberian santunan kepada anak yatim piatu di kampus II Jalan Sei Serayu/Jalan Setia Budi Medan, akhir pekan ini.

Disebutkan Prof Retna, program doktor Administrasi Publik saat ini sedang menunggu izin operasional dari Kemenristek Dikti. Berbagai kegiatan untuk meningkatkan mutu pendidikannya, prodi ini terus meningkatkan program guna peningkatan wawasan global mahasiswanya.

Antara lain, kegiatan seminar, riset dan penelitian dan pengabdian masyarakat. Bahkan dalam waktu dekat akan bekerja sama dengan USU dan University Sains Malaysia

“Selain itu, kita juga sedang melengkapi sarana dan prasarana refresentatif seperti penyediaan perangkat komputer lengkap dan ruang kuliah yang nyaman, perpustakaan hingga pelayanan administrasi,” ungkap Retna.

Lebih lanjut dia mengatakan, Program Pascasarjana UMA telah membuka penerimaan mahasiswa baru Tahun Ajaran 2017/2018 untuk Program Studi S2 Magister Administrasi Publik (MAP), Magsiter Agribisnis (MA), Magister Hukum (MH) dan Magister Psikologi (MPSI). Pendaftaran dibuka sejak 1 Mei lalu.

“Bagi masyarakat yang ingin mendaftar untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang S2 bisa datang langsung ke kampus pascasarjana UMA (Jalan Sei Serayu/Setia Budi Medan). Selain itu, bisa juga melalui website (www.pasca.uma.ac.id atau www.pmb.pasca.uma.ac.id) dengan mengikuti petunjuk yang ada,” papar Retna.

Setelah melakukan pendaftaran, sambung dia, selanjutnya mengikuti tes potensi akademik dan pengumuman hasilnya hingga tahapan berikutnya. Untuk persyaratan yang harus dilengkapi, seperti pada umumnya yaitu harus lulus S1, melengkapi administrasi dan membayar biaya yang telah ditentukan.

Wakil Direktur Bidang Akademik Ir H Erwin Pane MS menambahkan, pada Pascasarjana UMA yang telah lebih dari 15 tahun konsisten, membuka 4 program magister. Keempat program studi tersebut telah terakreditasi oleh BAN-PT dengan predikat nilai B.

“Berhasilnya empat program magister tersebut meraih akreditasi B, dengan melakukan berbagai tahapan kriteria yang telah ditetapkan sesuai standar pendidikan tinggi. Oleh karenanya, hal ini membuktikan bahwa Pascasarjana UMA selalu mewujudkan komitmen dalam meningkatkan kualitas pendidikan,” tuturnya.

Dikatakan dia, meraih akreditasi peringkat B bukanlah perkara mudah. Sebab, untuk meraih itu ada beberapa apsek yang dinilai harus dipenuhi. Mulai dari kualitas SDM, kurikulum, kinerja, penelitian, pengabdian hingga sarana dan prasarana yang mendukung proses belajar mengajar termasuk stabiltas perkuliahan dan sebagainya. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds