Gubsu Sebut Penerapan Sistem PPDB Online Terlambat

Gubernur Sumut H T Erry Nuradi memantau proses pendaftaran PPDB Online di SMAN 1 Medan, Senin (12/6/2017). 
foto : fir/pojoksumut

Gubernur Sumut H T Erry Nuradi memantau proses pendaftaran PPDB Online di SMAN 1 Medan, Senin (12/6/2017). foto : fir/pojoksumut

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) HT Erry Nuradi menyatakan, pendaftaran sistem online pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA & SMK Negeri sedikit terlambat dibanding dengan negara tetangga.

 

“Kita sedikit terlambat menggunakan sistem ini dibanding dengan negara tetangga, Singapura dan Malaysia. Sebab, dengan sistem ini tingkat KKN negara itu cukup rendah dibanding Indonesia. Maka dari itu, diharapkan sistem seperti ini mampu menekan angka KKN,” ujar Gubsu saat memantau pendaftaran PPDB Online di SMAN 1 Medan, Senin (12/6/2017).

 

Pun begitu, kata Erry, sistem ini sangat bagus dampaknya bagi perkembangan dunia pendidikan. Untuk itu, diharapkan pula sistem seperti itu sudah seharusnya wajib diterapkan dalam sistem pelayanan kepada masyarakat.

 

“Apabila sistem ini berjalan maksimal maka Sumut akan menjadi contoh dari provinsi lain. Karena, Sumut merupakan provinsi yang pertama menerapkannya walaupun beberapa kabupaten/kota di Indonesia sudah memberlakukannya,” sebut Erry.

 

Dia menuturkan, diimbau kepada orang tua siswa agar tidak memaksakan anaknya harus sekolah di tempat favorit. Artinya, pilihan harus benar-benar realistis sesuai dengan kemampuan.
“Jangan memaksakan anak, sementara nilai atau kemampuannya tidak sesuai,” cetus Erry.

 

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Sumut Arsyad Lubis menambahkan, penerapan sistem PPDB online ini diawasi oleh tim dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sehingga, nilai transparansi sangat tinggi.
“Pendaftar bisa mengetahui secara langsung posisi atau peringkatnya diterima atau tidak. Sebab, bisa melihat melalui website (http://ppdb.disdik.sumutprov.go.id/page/datapendaftar).
“Ini masih tahap awal dan tahun pertama, tentunya akan terus kita evaluasi. Mudah-mudahan berjalan lancar dan maksimal,” imbuhnya. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds