Menang Tipis, Spanyol Masih Kokoh di Puncak Grup G

Selebrasi skuad Timnas Spanyol usai mengalahkan Makedonia.
foto : uefa

Selebrasi skuad Timnas Spanyol usai mengalahkan Makedonia. foto : uefa

POJOKSUMUT.com, TIMNAS Spanyol masih kokoh di puncak klasemen sementara Grup G Pra-Piala Dunia 2018 zona Eropa, usai menang 2-1 atas tuan rumah Makedonia, Senin (12/6/2017) dini hari WIB.

Meski memiliki poin sama dengan Italia, mereka unggul selisih gol.Ya, Italia sendiri menang telak 5-0 atas Liechtenstein.

Bertandang ke Stadion Filip II. Makedonski, La Furia Roja-julukan timnas Spanyol, mendapat perlawanan ketat. Mereka dipaksa hanya meraih kemenangan tipis 1-2 lewat gol David Silva dan Diego Costa.

Pelatih Julen Lopetegui memasang Costa sebagai striker tunggal dan mencadangkan Alvaro Morata serta Iago Aspas. Costa ditopang David Silva dan Andres Iniesta. Di lini tengah, Lopetegui memasang Isco, Sergio Busquets, dan Thiago Alcantara. Sedangkan di lini belakang kombinasi Real Madrid dan Barcelona yakni Dani Carvajal, Sergio Ramos, Gerard Pique, serta Jordi Alba.

Spanyol sepertinya akan meraih kemenangan dengan mudah. Pada menit ke-15 mereka sudah unggul lewat aksi David Silva. Bahkan, 12 menit kemudian Costa mampu membawa Spanyol unggul 2-0 usai menerima umpan dari Isco. Gol Costa pada menit 27 itu merupakan golnya ke-5 di Pra-Piala Dunia 2018.

Costa yang mengungkapkan keinginan meninggalkan Chelsea tersebut memang mulai unjuk ketajaman bersama La Furia Roja. Dia mencetak dua gol ke gawang Liechtenstein, satu gol ke gawang Albania, satu gol ke gawang Israel, dan kini satu gol ke gawang Makedonia.

Unggul 2-0, Spanyol justru kesulitan untuk menambah gol. Makedonia bangkit dan merepotkan lini pertahanan Spanyol. Beruntung, babak pertama Spanyol bisa mempertahankan keunggulan 2-0.

Memasuki babak kedua, permainan Makedonia berubah. Dipimpin penyerang veteran Goran Pandev, serangan mereka lebih agresif dan mematikan. Spanyol dipaksa untuk lebih banyak bertahan dan mengutamakan serangan balik.

Upaya Makedonia mencetak gol akhirnya terwujud pada menit 66. Sebuah tendangan keras dari Stefan Ristovski tak mampu dibendung kiper David De Gea. Makedonia menipiskan kedudukan menjadi 1-2 sekaligus menjadi skor akhir. (epr/jpg/nin/pojoksumut)

Hasil Lengkap Pertandingan
Group D
Serbia 1-1 Wales
Moldova 2-2 Georgia
Rep. Irlandia 1-1 Austria
Group G
Makedonia 1-2 Spanyol
Israel 0-3 Albania
Italia 5-0 Liechtenstein
Group I
Islandia 1-0 Kroasia
Kosovo 1-4 Turki
Finlandia 1-2 Ukraina



loading...

Feeds