Indonesia Vs Puerto Rico : Modal Menuju Kualifikasi Piala Asia

Luis Mila bersama pemain 
foto : Wahyudin/ jawapos

Luis Mila bersama pemain foto : Wahyudin/ jawapos

POJOKSUMUT.com, SKUAD Timnas Indonesia kembali melakoni laga uji coba setelah kemenangan lawan Kamboja 2-0, Kamis (8/6/2017) lalu. Kali ini, Indonesia akan melawan Puerto Rico Selasa malam (13/6/2017) di Stadion Maguwoharjo, Sleman.
Ini menjadi modal bagi skuad Garuda menuju kualifikasi Piala Asia U-23 di Thailand pada Juli nanti. Selain melawan tuan rumah Thailand, Indonesia harus menghadapi Malaysia dan Mongolia.

Pelatih timnas Luis Milla berharap pasukannya tampil fight melawan Puerto Rico. Memang, ini hanya laga uji coba. Tapi, Kurnia Meiga dkk harus tetap fokus dan serius.

’’Saya mau melihat sejauh mana tim ini bisa berkembang dengan baik dari satu pertandingan ke pertandingan yang lain. Kami sudah bermain bagus melawan Kamboja. Melawan Puerto Rico, kami harus lebih bagus lagi,’’ ungkap Milla.

Pelatih asal Spanyol itu memang optimistis meraih hasil maksimal. Apalagi, kekuatan timnas bertambah dengan kehadiran gelandang Stefano Lilipaly.

Pemain dari klub SC Cambuur, Belanda, itu diplot untuk melengkapi trio gelandang serang bersama dengan Saddil Ramdani dan Febry Haryadi. Mereka bertugas menopang Irfan Bachdim sebagai striker tunggal di lini depan.

’’Saya berharap anak-anak, khususnya para pemain muda, bisa menampilkan permainan terbaik,’’ kata Milla.

Secara umum, skuad Merah Putih sudah siap tempur. ’’Kami akan memberikan yang terbaik bagi Indonesia,’’ kata Bayu Pradana, salah seorang pemain senior yang dipanggil Milla untuk melengkapi kekuatan timnas U-22. ’’Saya akan berusaha memberikan contoh yang baik bagi adik-adik, baik di dalam maupun di luar lapangan,’’ ujar pemain Mitra Kukar tersebut.

Sementara itu, pelatih Puerto Rico Carlos Cantarero mewaspadai kekuatan Indonesia. Dia pun menginstruksi timnya untuk tampil maksimal. ’’Yang kami cari pada laga melawan Indonesia adalah melanjutkan perkembangan kami sebagai sebuah tim nasional yang kuat,’’ kata pelatih asal Spanyol itu.

Timnas Puerto Rico tidak memiliki jadwal turnamen jangka dekat seperti halnya Indonesia. Namun, mereka menjadikan pertandingan itu sebagai persiapan jangka panjang. ’’Kami ingin membentuk timnas yang kuat dan lebih siap,’’ tutur Cantarero.

Kiper Puerto Rico Cody Laurendi menegaskan siap tampil maksimal. ’’Indonesia adalah tim yang cepat dan bagus dalam penguasaan bola. Kami harus bermain 100 persen jika ingin menang,’’ ujarnya.

Secara peringkat, Puerto Rico saat ini berada di posisi ke-133 dunia. Jauh lebih baik daripada Indonesia yang menempati peringkat ke-175.

Selain itu, Indonesia perlu mencatat beberapa pemain Puerto Rico. Bisa jadi, mereka bisa tampil berbahaya lantaran berkiprah United Soccer League (MLS) atau kasta kedua dalam piramida sepak bola Amerika Serikat (MLS).

Sebut saja Cody Laurendi bermain di divisi kedua Liga Amerika Serikat bersama Oklohama City. Juga ada Hector Ramos dan Manolo Sanchez. (ben/c19/ca/JPK/nin)



loading...

Feeds