USU Peringkat 8 Pendaftar Terbanyak SBMPTN 2017 Se-Indonesia

Kampus USU

Kampus USU

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Hasil Seleksi Besar Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) 2017 telah diumumkan oleh panitia pusat secara online, Selasa (13/6/2017). Hasilnya dapat dilihat melalui laman http:/pengumuman.sbmptn.ac.id.

Menariknya, dari hasil tersebut Universitas Sumatera Utara (USU) masuk dalam peringkat 10 besar pendaftar PTN terbanyak se-Indonesia. USU menduduki peringkat ke-8 dengan jumlah pendaftar mencapai 73 ribu orang.

Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu SH MHum menyatakan, jumlah peminat USU tahun ini melalui jalur SBMPTN memang meningkat dibanding tahun sebelumnya. Tahun lalu, jumlah pendaftar mencapai sekirz 51 ribu orang. Hal itu berarti mengalami kenaikan sekira 22 ribu lebih pendaftar.

“Setelah mengetahui hasil pengumuman SBMPTN dari panitia pusat, ternyata cukup mengejutkan. Jumlah pendaftar yang masuk ke USU sungguh luar biasa, menduduki peringkat 8 se-Indonesia. Padahal, yang diterima lewat jalur ini hanya 3.415 orang,” ungkap Runtung didampingi para wakil rektor saat ditemui di Biro Rektor Kampus USU.

Menurut dia, meningkatnya jumlah pendaftar di USU ada beberapa faktor yang mempengaruhi. Salah satunya adalah akreditasi program studi (prodi) yang cukup banyak mengalami peningkatan nilainya. Dari 152 prodi yang ada, sebanyak 38 prodi meraih nilai A.

“Jumlah 3.415 pendaftar SBMPTN yang diterima tahun ini terdiri dari, 447 pendaftar Bidikmisi dan 2.968 reguler,” sebut rektor.

Diutarakannya, faktor lain yang mempengaruhi tingginya minat pendaftar yakni masuk dalam deretan 20 besar universitas ternama di Indonesia. Berdasarkan hasil dari situs 4ICU (http://www.4icu.org/id/) tahun 2017, USU menduduki peringkat 12 Top Universities in Indonesia.

Lebih lanjut rektor mengatakan, dengan demikian jumlah saat ini yang telah diterima di USU lewat jalur SBMPTN 3.415 orang ditambah dengan jalur SNMPTN 2.083 adalah sebanyak 5.498 calon mahasiswa baru. Sedangkan kuota tahun ini tersedia 7.450 orang. Artinya, masih tersisa sekitar 2 ribuan lagi lewat jalur terakhir yakni Mandiri.

Kepala Bagian Humas USU, Bisru Hafi SSos MSi menambahkan, meski jalur SNMPTN dan SBMPTN telah ditutup masih ada peluang untuk berkuliah di USU. Satu-satunya kesempatan yang tersisa lewat jalur Mandiri, yang dibuka pendaftarannya sejak 12 Juni hingga berakhir 5 Juli. Untuk ujiannya dilakukan pada 11 Juli dan hasilnya diumumkan 20 Juli. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds