Akhir Juni, Harga Cabai di Sumut Bakal Stabil

Cabai Merah

Cabai Merah

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Anjloknya harga cabai merah di pasar tradisional Kota Medan dikarenakan musim panen yang sedang terjadi di Sumatera Utara.

“Sekarang lagi musimnya panen, produksi meningkat dan melimpah. Beberapa daerah seperti Batubara, Taput, Simalungun dan Karo panen raya,” kata Kabid Kepanganan dan Hortikultura Dinas Pertanian Sumatera Utara, Azhar Harahap, Senin (12/6/2017).

Azhar menjelaskan, panen raya sudah terjadi sejak pertengahan Mei 2017. Sebab itu, produksi cabai dalam kondisi meningkat yang mengakibatkan harganya anjlok.

“Kami sudah melakukan upaya-upaya koordinasi dengan balai pangan untuk mendongrak harga cabai agar kembali normal,” jelasnya.

Azhar memprediksi, harga cabai akan kembali normal pada akhir Juni 2017, yakni di kisaran Rp 20.000/kg.

“Saya perkirakan akan berakhir Juni ini dan harga kembali normal. Saya sudah berkoordinasi dengan Bulog,” ungkapnya.

Bukan hanya di Sumut yang mengalami penurunan harga cabai, namun hampir seluruh daerah di Indonesia juga mengalami hal serupa.

“Saya koordinasi, ternyata hampir seluruh daerah harga cabai turun. Kami belum bisa melarang petani untuk menanam secara bersama yang menyebabkan terjadinya peningkatan hasil panen. Namun kami akan berusaha sebelum Hari Raya Idul Fitri agar harga cabai kembali normal,” tukas Ashar. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds