Ada Samurai, Tangga Lipat, Inilah Barang Bukti dalam Aksi Napi Kabur dari Lapas Tanjunggusta

Barang bukti yang digunakan para tahanan untuk lolos dari Lapas Tanjunggusta.
foto : Humas Polda Sumut

Barang bukti yang digunakan para tahanan untuk lolos dari Lapas Tanjunggusta. foto : Humas Polda Sumut

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Aksi percobaan melarikan diri para napi Tanjunggusta dibantu empat warga dari luar berhasil digagalkan, Selasa (20/6/2017) saat sahur sekira pukul 04.30 WIB. Kini, keempat tahanan dan keempat warga sudah diamankan.

Mereka adalah Hussaiini (35), napi kasus pembunuhan, masa hukuman 11 tahun, warga Indrapuri, Aceh besar dan Alhadi (30), napi kasus pembunuhan, masa hukuman 10 tahun, warga Tapak Tuan, Aceh selatan. Sementara, dua lainnya Rudi Rahman Bin Rasidin (32) tahun, napi kasus narkoba, masa hukuman 8 (sudah dijalani 3 tahun), warga Jalan Perdagangan, Aceh Selatan dan Muliadi (30) tahun, warga Aceh, masa hukuman 7 tahun tidak sempat melarikan diri karena kaki patah.

Rencana para tahanan untuk kabur memang terbilang apik. Mereka sudah menyiapkan skenario mulai dari proses kabur dari sel dengan menggergaji jeruji bagian lobang angin atas tembok, hingga tali dan beberapa sarung yang dijadikan satu memanjang. Itu tampak menjuntai di sel para tahanan.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Rina Sari Ginting menjelaskan para pelaku berhasil naik ke atap Lapas. Kemudian mengeluarkan empat napi menggunakan tali setelah menodong petugas lapas menggunakan senjata tajam. Namun, hanya dua yang berhasil naik ke dalam mobil Avanza warna hitam Nopol BL 935 AZ.

Pengejaran pun dilakukan petugas yang langsung melakukan tembakan ke udara. Diduga panik, mobil yang ditumpangi para pelaku malah menabrak rumah warga.

Rina menjelaskan dari empat pelaku yang membantu melarikan diketahui sebagai warga Aceh, bernama Saparuddin (30). Sementara tiga lainnya, belum bisa ditanyai karena luka parah. Mereka adalah Yulis, Muhammad Yusuf dan mirisnya ada satu remaja berusia 15 tahun, F.

Dari para pelaku ini disita barang bukti yang cukup banyak; yaitu satu samurai, satu golok, pisau, tangga lipat, tali nilon sepanjang 30 meter, tali plastik, besi tenda, tas cokelat, satu uni HP, sarung tangan sebo dan mobil.

Saat ini, Rina menegaskan pengamanan Lapas Tanjunggusta diperketat. “Para tersangka masih diperiksa lebih dalam dan belum bisa maksimal karena luka. “Saat ini juga sedang pemeriksaan petugas Lapas Tanjunggusta,” ujarnya. (nin/pojoksumut)



loading...

Feeds

Resmi Menjanda Lagi, Musdalifah Bersyukur

POJOKSUMUT.com, MUZDALIFAH harus menerima kenyataan kembali berstatus janda. Pun demikian, dia mengaku bersyukur setelahPengadilan Agama Tangerang telah mencabut status pernikahannya …

Babak I : PSMS Vs Persita : 0-0

Dua menit kemudian, gelandang serang Persita Henry Rivaldi kembali lolos dari kawalan pemain PSMS, mampu melepaskan tendangan keras namun melenceng …