Ibarat Film Hollywood, Beginilah Kronologis Aksi Para Napi Melarikan Diri dari Lapas Tanjunggusta

Bukti tali panjang yang dipasang para pelaku di atas pagar Lapas Tanjunggusta.
foto : Humas Polda Sumut

Bukti tali panjang yang dipasang para pelaku di atas pagar Lapas Tanjunggusta. foto : Humas Polda Sumut

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Usaha empat warga Aceh yang membantu empat tahanan Lapas Tanjunggusta, Selasa (20/6/2017) sekira pukul 04.30 WIB cukup mengagetkan. Aksi empat warga Aceh bak di film-film Hollywood. Datang membawa mobil, naik ke pagar sambil menunggu para tahanan keluar.

Para tahanan sendiri sudah menggergaji jeruji, menyiapkan tali dan lainnya.

Kombes Pol Rina Sari Ginting mengungkapkan sejatinya kecurigaan muncul saat seorang napi bernama Abdul Rahman Nasution sekira pukul 02.30 WIB setelah membagikan makan sahur, dia mendengar suara seperti suara sedang menggergaji dan suara ribut.

Rahman kemudian menegur dan menyepak dinding tembok. Suara gaduh tersebut lalu hilang. Namun, tidak berapa lama dia kembali mendengar suara orang berjalan di atas atap seng. Rahman pun spontan berteriak “siapa itu”.

“Salah seorang tahanan yang berada di sel ujung berteriak “itu ada orang”. Dan ternyata terlihat tali yang sudah mengantung di dinding. Lalu dia berteriak memanggil pegawai sambil menggoncangkan pintu langsung datang tamping (tahanan pendamping). Dan minta bantuan agar pegawai dipanggil karena ada tahanan lari,” ungkapnya.

Baca Juga : DORRR! 4 Warga Aceh Bebaskan 4 Napi Tanjunggusta saat Sahur, Panik, Mobil Tabrak Rumah Warga

Sementara itu, Anto Fredi, (29) warga Jalan Bunga Pancur IX kel Medan Selayang menambahkan, sekira pukul 03.30 WIB dirinya mendengar tahanan dari blok straf sel 3A bahwasanya ada empat tahanan yang berusaha melarikan diri.

Dia kemudian mengecek ke bagian belakang blok straf sel. Ternyata ada tali yang diikat di bagian pagar Lapas. Dia lanjut mengecek menggunakan sepeda motor ke belakang Lapas dan secara mengejutkan melihat dengan mobil Avanza hitam BL 935 AZ dan salah satu orang di mobil keluar dan mengibaskan celurit ke arahnya.

Anto mengelak dan langsung menembakkan pistol ke pelaku tetapi pistol tidak dapat ditembakkan. Dia kemudian melihat masih ada pelaku di atas pagar, beruntung kali ini berhasil meletuskan pistol dan mengenai satu pelaku.

Tetapi, pelaku langsung melarikan diri menggunakan mobil advanza hitam BL 935 AZ. Hingga, di Jalan Lembaga Permasyarakatan, depan Perumahan Bali Indah mobil para pelaku menabrak pagar dua rumah warga milik Jumasari dan Herry Purba. Mobil terbalik dan para pelaku dan tahanan dievakuasi dan dibawa ke RS Bhayangkara Medan. (nin/pojoksumut)



loading...

Feeds

Tak Bisa Main, Evan Dimas Lemas

Pada laga tersebut, satu gol kemenangan Indonesia diciptakan Marinus Mariyanto Wanewar yang memanfaatkan umpan lambung Septian David Maulana di menit …