Prodi Teknik Industri UISU Raih Peringkat B

Rektor UISU Prof Dr Ir Mhd Asaad MSi menyerahkan plakat kepada Direktur Eksekutif BAN-PT T Basaruddin pada silaturahmi di Kampus tersebut, yang dihadiri seluruh pimpinan universitas dan fakultas serta prodi di lingkungan UISU, Selasa (20/6/2017).

Rektor UISU Prof Dr Ir Mhd Asaad MSi menyerahkan plakat kepada Direktur Eksekutif BAN-PT T Basaruddin pada silaturahmi di Kampus tersebut, yang dihadiri seluruh pimpinan universitas dan fakultas serta prodi di lingkungan UISU, Selasa (20/6/2017).

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Program studi (Prodi) Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) telah berhasil memperoleh peringkat akreditasi B, dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Kemenristekdikti. Keputusan itu tertuang dalam SK BAN-PT Nomor: 1513/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2017 tertanggal 23 Mei 2017.

Rektor UISU Prof Dr Ir Mhd Asaad MSi melalui Kepala Humas UISU Zakaria Siregar SSos MSP menyatakan, dalam SK tersebut Prodi Teknik Industri meraih nilai 312. Status peringkat akreditasi B ini berlaku selama 5 tahun.

“Dengan terbitnya keputusan BAN-PT tentang akreditasi B terhadap Prodi Teknik Industri, tentunya menambah tingkat kepercayaan masyarakat terhadap UISU. Apalagi, saat ini adalah momen penerimaan mahasiswa baru menjelang tahun akademik 2017/2018,” tutur Zakaria, Selasa (20/6/2017).

Diutarakannya, capaian peringkat B terhadap prodi tersebut berkat kerja sama dan kerja keras seluruh pimpinan bersama sivitas akademika Fakultas Teknik. Termasuk juga, konstribusi dan andil dari mahasiswa serta alumni untuk mensukseskan proses pengerjaan borang hingga asesmen lapangan dan akhirnya berhasil mendapat peringkat B.

“Salah satu pertimbangan atau faktor yang sangat berpengaruh dalam proses penerimaan mahasiswa baru adalah masalah akreditasi prodi dan institusi. UISU kini sudah berhasil memperoleh peringkat B untuk akreditiasi institusi berdasarkan SK BAN-PT Nomor: 1414/SK/BAN-PT/Akred/PT/VII/2016,” sebut Zakaria.

Lebih lanjut dia mengatakan, saat ini UISU terdapat 32 prodi yang ada pada 9 fakultas. Keseluruhannya terakreditasi oleh BAN-PT.

“Sebanyak 22 prodi mendapat peringkat akreditasi B, diantaranya Prodi Ilmu Hukum, Prodi Ilmu Komunikasi dan Ilmu Administrasi Negara, Prodi Agribisnis, Agroteknologi dan Teknologi Hasil Pangan, Prodi Akhwalul Shakshiyyah dan Pendidikan Agama Islam, Prodi Akuntansi, Manajemen dan Ekonomi Pembangunan, Prodi Teknik Mesin, Sipil dan Industri, serta beberapa prodi lainnya. Sedangkan sejumlah prodi lainnya masih dalam proses reakreditasi untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik lagi,” beber Zakaria.

Ia menuturkan, UISU sebagai salah satu PTS tertua di Sumatera Utara kini telah siap bersaing dan setara dengan kampus-kampus PTS lainnya. Untuk itu, pada tahun akademik 2017/2018 ini masyarakat dan calon mahasiswa tidak perlu ragu dalam melanjutkan pendidikan tinggi di UISU.

“Sekarang semuanya serba online dan dapat diakses siapa saja, seperti halnya akreditasi institusi dan prodi yang dapat dilihat langsung melalui web BAN-PT,” ucapnya.

Zakaria menambahkan, UISU saat ini sedang melakukan proses penerimaan mahasiswa baru yang dapat dilakukan melalui jalur online maupun langsung mendaftar ke panitia yang ada di Biro Rektor UISU Jalan Sisingamangaraja, Teladan, Medan.

“Untuk jalur penerimaan selain melalui jalur UMBPTS secara nasional, kita juga menerima pendaftaran mahasiswa yang datang langsung ke kampus maupun calon yang mendaftar lewat online www.pmb2017.uisu.ac.id,” imbuhnya. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds