Tinjau Arus Mudik KA di Medan, Sekjen Kemenhub Soroti Fasilitas Parkir

 

POJOKSUMUT.com, MEDAN– Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan (Sekjen Kemenhub) Republik Indonesia, Sugihardjo meninjau kesiapan arus mudik di Stasiun Besar Kereta Api Medan.

 

 
Sekjen Kemenhub RI Sugihardjo didampingi Vice Presiden PT Kereta Api Indonesia Divre I Sumut, Aslikan dan Kepala Dinas Perhubungan Sumut Anthony Siahaan, Kamis (22/6/2017) melihat langsung kesiapan sarana prasana mudik di Stasiun Kereta Api Medan dan kereta api bandara.

 

 
Dari hasil peninjauan yang dilakukan pihaknya di Stasiun Besar Kereta Api Medan, kata Sugihardjo, pada dasarnya penumpang di Stasiun Medan ini tidak terlalu padat seperti di Jawa dalam konteks lebaran.
“Penumpangnya disini penumpang formal. Kalau ada peningkatan hanya beberapa persen saja,” kata Sugihardjo.
Dari kunjungannya itu juga, Sugihardjo akan melakukan evaluasi terkait hal-hal apa yang perlu ditingkatkan.
Contoh, sebut Sugihardjo, dari mulai fasilitas stasiun, kalau dilihat lahan parkirnya di Stasiun Kereta Api Besar Medan ini sangat terbatas.
“Kalau dipaksakan, berarti mengganggu lalu lintas, sehingga disimpulkan lahan parkir ini sudah tidak memadai untuk digunakan dan itu harus kerjasama dengan Dishub Medan untuk bagaimana memindahkan lokasi parkir,” ujar Sugihardjo.

 

 
Beberapa alternatif, menurut Sugihardjo, salah satunya adalah parkir itu di sebrang, di Lapangan Merdeka, kemudian penumpang bisa menggunakan Sky Bridge ke stasiun.

 

 
Supaya penumpang nyaman, kata Sugihardjo, tentunya Sky Bridge nya harus difasilitasi dengan eskalator, sehingga penumpang bisa nyaman.

 

 
Sugihardjo juga meninjau kereta api bandara, dimana kereta tersebut sangat nyaman, tapi load factor atau keterisian tempat duduk penumpang yang naik di kereta tersebut relatif rendah.

 

 
Sehingga ada pemikiran, kata Sugihardjo, titik keberangkatan kereta api bandara ini bukan hanya dari Medan ke Bandara Kualanamu, tapi juga mungkin akan diteruskan dari Binjai ke Bandara Kualanamu, sehingga bisa menarik penumpang naik. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds

3.457 Mahasiswa USU Diwisuda

"Dari 3.457 orang lulusan USU tersebut ini terdiri dari 1.248 orang pria (36,10%) dan 2.209 orang wanita (63,90%)," sebut Runtung.