Jelang Lebaran, Harga Bahan Pokok Masih Stabil

Pedagang di Pasar Petisah.
.|Fir/pojoksumut

Pedagang di Pasar Petisah. .|Fir/pojoksumut

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Sejumlah harga kebutuhan pokok masyarakat di Medan yang kerap mengalami kenaikan menjelang lebaran, ternyata masih bergerak stabil. Bahkan, cenderung mengalami penurunan.

“Sudah bisa dipastikan ramadan kali ini tidak akan menyumbang angka inflasi yang signifikan dibandingkan realisasi tahun-tahun sebelumnya. Semua harga kebutuhan pokok masyarakat sangat terkendali. Namun, memang ada beberapa jenis kebutuhan lain yang naik, tapi masih dalam takaran yang cukup terkendali,” ungkap Ketua Tim Pemantau Harga Pangan Sumut, Gunawan Benjamin, Jumat (23/6).

Dia melanjutkan, untuk bahan pangan yang mengalami kenaikan bukan merupakan bahan pokok yang tidak bisa disubsitusikan. Dampak ke inflasinya juga tidak signifikan.

Namun demikian, ada yang perlu digarisbawahi adalah stabilnya harga kebutuhan masyarakat saat ini beriringan dengan melemahnya daya beli masyarakat. Pelemahan harga komoditas unggulan Sumut seperti sawit dan karet, menjadi masalah pada kemampuan belanja masyarakat.

“Jadi, memang belum teruji sepenuhnya secara baik apakah proses pengendalian harga saat ini sudah menemukan cara yang paling optimal. Karena, tantangannya sedikit berkurang. Untuk itu, memang nanti disaat ada pemulihan daya beli masyarakat Sumut, kita baru akan melihat tantangan yang sebenarnya. Meski demikian, apa yang dilakukan pemerintah saat ini menurut saya juga belum mengambil langkah teknis dalam mengendalikan harga mulai dari hulu ke hilir,” kata Gunawan yang juga pengamat ekonomi Sumut.

Menurutnya, lebaran tahun ini justru menciderai sejumlah petani cabai di Sumut. Harga untuk semua komoditas cabai mengalami keterpurukan yang dipicu oleh membludaknya sisi persediaan.

Untuk itu, ke depan sebaiknya memang pemerintah mampu mengendalikan pasokan. Karena bukan masalah harga yang murah, tapi ini masalah melindungi daya beli masyarakat yang perlu dipertimbangkan juga. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds