Perkuat Ukhuwah, Jamaah Tiga Masjid di Wilayah Petisah Bakal Salat Ied Bersama

ilustrasi

ilustrasi

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Perayaan Idul Fitri sedikit berbeda akan dirasakan masyarakat muslim di kawasan Medan Petisah khususnya di Kampung Madras dan sekitarnya.

Pasalnya, pelaksanaan Salat Idul Fitri, Minggu (25/6/2017) mendatang akan digelar bersamaan oleh jemaah tiga masjid di kawasan itu.

Jemaah masjid Ghaudiyah di Jalan KH Zainul Arifin, jemaah masjid Taj ‘Ul Madras Jalan Cik Ditiro dan Masjid Al Amin Kampung Kubur akan bergabung melaksanakan Salat Idul Fitri di ruas Jalan KH Zainul Arifin Medan.

Ketua Yayasan South Indian Muslim, M Sidik Saleh mengatakan, pelaksanaan ibadah yang juga disebut Salat Ied tersebut sudah mendapat izin pihak terkait.

“Ya, kalau tahun lalu jemaah di dua masjid yang bergabung, sedangkan Idul Fitri tahun ini jamaah tiga masjid. Kami lakukan itu agar mempererat Ukhuwah Islamiyah (rasa persaudaraan sesama muslim) dan pengurus masjid. Izin juga sudah kami dapatkan,” kata Sidik, Kamis (22/6/2017).

Ruas jalan KH Zainul Arifin akan ditutup untuk kendaraan pada waktu ibadah tersebut. Sementara ruas jalan yang akan dipakai sebagai saf salat mulai dari persimpangan Jakan Taruma hingga jembatan Jalan KH Zainul Arifin.

“Alhamdulillah tahun lalu jemaah yang datang membludak. Kami rasa tahun ini juga akan begitu,” ucapnya.

Sidik mengatakan, Ustad Maulana Abdi akan bertindak sebagai khatib merangkap imam Salat Ied. “Kami mengimbau masyarakat di kawasan Kecamatan Medan Petisah dan masyarakat sekitarnya, nggak usah salat jauh-jauh lagi. Mari bergabung bersama kami menjalin ukuhuwah, bermaaf-maafan di hari nan fitri,” ucapnya.

Dia berharap apa yang akan dilakukan tersebut menjadi perhatian dan menjadi contoh bagi masjid lain untuk melakukan hal yang sama. “Dengan Salat Ied bersama seperti itu jangkauan silaturahim akan lebih luas lagi,” ucapnya.

Sementara Ketua Panitia Pelaksanaan Salat Ied jemaah tiga masjid tersebut, Salman Kanu menyebutkan, lokasi pelaksanaan salat akan dibersihkan lebih dulu malam jelang salat. “Kami harap jamaah bisa hadir lebih awal, mulai pukul 06.30 WIB atau sebelum jam 07.00 WIB untuk kita bisa takbiran bersama,” pungkasnya.(*/pojoksumut)



loading...

Feeds

3.457 Mahasiswa USU Diwisuda

"Dari 3.457 orang lulusan USU tersebut ini terdiri dari 1.248 orang pria (36,10%) dan 2.209 orang wanita (63,90%)," sebut Runtung.