Gawat! Situs PPDB Online Sumut Masih Sulit Diakses

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online masih mengalami kendala di Sumatera Utara. Hingga kini, para peserta khususnya yang mendaftar melalui jalur akademik belum bisa mengakses hasilnya.

Terbukti, pada Sabtu (24/6/2017) siang hingga menjelang sore sekira 15.30 WIB, laman http://ppdb.disdik.sumutprov.go.id/page/hasilSeleksi, tidak dapat ditampilkan. Pada laman tersebut tertulis di pojok kiri, “Akses ke server padat. Silahkan muat ulang kembali”.

Kepala Ombudsman Perwakilan Sumatera Utara, Abyadi Siregar mengatakan, sesuai jadwal PPDB online harusnya sudah diumumkan sejak Kamis (23/6) sore. Namun hingga kini, masih ada masalah dalam mengaksesnya.

“Semalam saya lihat langsung tempat pengumumannya di SMA Negeri 1 Medan sekitar jam 18.00 WIB. Namun ada masalah sampai jam 22.00 WIB. Sampai sekarang juga belum bisa dibuka,” kata Abyadi.

Dia mengaku, saat dirinya memantau pengumuman tersebut ada tim IT KPK yang ikut turun langsung.

“Artinya dengan begitu, tidak ada kecurangan bahkan orang Dinas Pendidikan tidak ada yang mendekati itu, bahkan mereka hanya melihat saja,” jelasnya.

Menurutnya, faktor yang menjadi kendala sistem PPDB online, yakni ada program atau hal-hal yang tidak terduga dikarenakan ini kali pertama kali dilakukan di Sumatera Utara.

“Inikan pertama dilakukan di Sumut dan ini juga melihat studi banding dari Bandung. Masalahnya bukan jaringan karena sudah diatasi pada hari kedua penerimaan siswa baru tersebut. Ini hanya permasalahan adanya temuan-temuan yang tidak terduga sebelumnya yang menghambat proses. Itu soal teknis,” ucapnya.

Ombudsman berharap, PPDB online harus didukung oleh semua pihak karena nihil kecurangan.

“PPDB sekarang ini siapa saja bisa mendaftar, tidak ada perbedaan seperti sebelumnya dan ini efektif. Namun teknisnya masih ada masalah. Makanya tim IT KPK turun langsung untuk menyempurnakan sistemnya. Saya yakin dengan adanya tim IT KPK, tidak ada kecurangan, yang pasti kita menunggu mereka bekerja untuk menyelesaikan ini,” tukas Abyadi. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds