Berkat Presiden Putin, Islam di Rusia Makin Berkembang

 Presiden Rusia Vladimir Putin (AFP)

Presiden Rusia Vladimir Putin (AFP)

 

POJOKSUMUT.com, Islam berkembang di Rusia dengan subur. Versi Russia Today, di antara total populasi 144 juta jiwa, terdapat 15 persen yang menyatakan diri sebagai muslim.

Daerah persebaran kaum muslim Rusia berada di sekitar Kaukasus Utara, sekitar Laut Hitam, dan Laut Kaspia.

Islam masuk ke Rusia pada abad ketujuh setelah penaklukan muslim Persia. Dengan perjalanan panjang selama berabad-abad serta hubungan yang tarik ulur, Islam di Rusia punya posisi tawar yang besar.

Islam saat ini pada era Presiden Vladimir Putin punya kekuatan yang besar. Putin bahkan menuturkan bahwa Kristen Ortodoks yang menjadi agama mayoritas di Rusia secara ideologi lebih dekat dengan Islam ketimbang Katolik.

Menurut Duta Besar Indonesia untuk Rusia M. Wahid Supriyadi, Islam berkembang sangat pesat di negeri yang dahulu bernama Uni Soviet itu.

“Dan Islam Rusia menjalin hubungan yang erat dengan Islam Indonesia,” urainya. Beberapa mufti -sebutan pemuka agama Islam di Rusia-, kata Wahid, menimba ilmu agama di Indonesia.

Wahid menuturkan, sejak era Presiden Indonesia Ir Soekarno, hubungan diplomatik Indonesia-Rusia sangat akrab. Karena itu, kedua negara saling menaruh respek di semua bidang.

“Saya sering diminta menjadi pembuka untuk seremoni peresmian masjid. Atau bahkan khotbah di masjid-masjid kota di Rusia,” kata Wahid.

Beberapa masjid yang ternama di Rusia adalah Moskow Sabornaya Mecit, Saint Petersburg Sabornaya Mecit atau Masjid Soekarno, dan Qulzharif Mecit.
(dra/c6/nar/jpg/sdf)



loading...

Feeds