Konsumsi Premium dan Solar di Sumut Menurun Selama Mudik Lebaran

Ilustrasi pengisian BBM.  
FOTO : pertaminaretail

Ilustrasi pengisian BBM. FOTO : pertaminaretail

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Konsumsi premium dan solar di Sumatera Utara (Sumut) mengalami penurunan selama mudik lebaran tahun ini.

Namun, penurunan konsumsi kedua bahan bakar tersebut tak terjadi secara signifikan.

“Produk premium dan solar mengalami penurunan konsumsi. Walaupun, Pertamina telah melakukan penambahan pasokan melalui mobil tangki ke SPBU yang beroperasi,” ujar Area Manager Communication and Relations Pertamina Sumbagut, Fitri Erika, Minggu (2/7/2017).

Disebutkannya, penyaluran premium di Sumut sejak H-15 atau 10 Juni hingga H+6 atau 1 Juli turun 23 persen. Daerah atau kab/kota yang mengalami penurunan konsumsi antara lain Medan, Simalungun dan Pematangsiantar.

Dia melanjutkan, untuk solar mengalami penurunan 6 persen rata rata. Dari normal 2.600 kilo liter (KL) per hari menjadi 2.400 KL per hari. Kab/kota yang mengalami turunnya konsumsi solar yaitu di Serdangbedagai dan Tebingtinggi.

Lebih jauh dia mengatakan, kondisi sebaliknya terjadi pada konsumsi pertamax, pertalite dan dexlite. Konsumsi ketiga bahan bakar tersebut mengalami kenaikan.

Untuk pertamax, sebutnya, naik 26% dari normal 321 KL per hari menjadi 403 KL perhari. Penyaluran tertinggi di H-2 atau 23 Juni sebesar 600 KL dan H-12 atau 13 Juni sebesar 801 KL atau 150 %. Kab/kota yang paling tinggi kenaikan pertamax spt di Karo, Tebingtinggi, Langkat dan Serdangbedagai.

Selanjutnya, pertalite naik 27% dari normal 2.525 KL per hari menjadi 3.212 KL per hari rata-rata. Lonjakan penyaluran tertinggi di H-1 tanggal 24 Juni sebesar 4.749 KL. Kab/kota yang mengalami peningkatan penyakuran di Karo, Samosir, Pematangsiantar, Tapanuli Selatan dan Padanglawas.

Kemudian, Dexlite rata-rata naik 38% yakni normalnya 33 KL menjadi 45 KL. Penyaluran tertinggi di H+2 atau 27 Juni sebesar 97 KL atau 193% naik dari normal. Kab/kota yang mengalami peningkatan penyaluran di Asahan, Lab Batu Selatan dan Tebing Tinggi. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds