Polisi yang Membantu Lahiran di Tol Itu Diberi Penghargaan

Kasat Lantas Polres Purwakarta AKP Arman saat membantu proses lahiran penumpang di Tol Cipali

Kasat Lantas Polres Purwakarta AKP Arman saat membantu proses lahiran penumpang di Tol Cipali

POJOKSUMUT.com, AKSI cekatan Kasat Lantas Polres Purwakarta AKP Arman dan jajarannya saat membantu proses melahirkan seorang penumpang bus dari Jawa Tengah saat melintas Tol Cipali, Purwakarta, Jawa Barat, Minggu (2/7/2017) mendapat respon positif dari petinggi Polri.

Kakorlantas Polri, Irjen Royke Lumowa memberikan penghargaan kepada anggota Polres Purwakarta dan Polres Karawang.

Pemberian penghargaan ini turut dihadiri Dirlantas Polda Jawa Barat Kombes Tomex Kurniawan dan Kapolres Karawang AKBP Ade Ary Syam.

Total ada tujuh anggota yang diberi penghargaan yakni tiga anggota dari Satuan Lalulintas Polres Karawang dan empat anggota Satuan Lalulintas Polres Purwakarata, yang dipimpin Kasat Lantas AKP Arman Sahti.

“Penghargaan pertama diberikan kepada AKP Arman Sahti, Aipda Juanda Barus, Bripka Asep Sunandar, Bripda Fachri Alim dari Polres Purwakarta yang dengan telah menolong penumpang bus Ibu Sukiati melahirkan di pinggir jalan tol Cipali kilometer 82,” kata dia dalam keterangannya, Senin (3/7/2017).

Dia menerangkan, selanjutnya saat itu ibu dan bayi dibawa ke RS Siloam Purwakarta untuk perawatan.

Kini ibu dan bayi dalam keadaan selamat dan sehat. “Bayi putri diberi nama Bhayangkariwati Ramadniya,” sambung dia.

“Selaku pribadi saya ucapkan selamat atas pengabdiannya yang ikhlas dalam memberikan pelayanan, penghargaan ini saya berikan mewakili bapak kapolri,” tambah Royke.

Kemudikan penghargaan kedua diberikan kepada Kapolsek Telagasari yang pada Kamis (29/6/2017) malam membawa ibu yang akan melahirkan.

Penghargaan diberikan bersama kepada Bripda Lendra dari Dokkes dan Bripka Diki BM dari Lantas.

“Kedua dari Polres Karawang yang mengawal nembus kepadatan arus balik di tol menolong ibu penumpang bus di kilometer 62 yang akan melahirkan pada hari Kamis, 29 Juni 2017 selepas adzan maghrib,” paparnya.

Ibu itu dibawa ke RS Lira Medika Karawang untuk melakukan proses bersalin. “Ibu dan bayi selamat, bayinya diberi nama Lira Fitriani Akbar,” tukas dia

Sebelumnya, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Rikwanto mengatakan, insiden itu terjadi pada pukul 13.17 WIB, Minggu (2/7/2017). Ketika itu, Bus Kiara Mas mendadak berhenti di pinggir Tol Cipali kilometer 82 di wilayah Purwakarta, Jawa Barat.

“Bus itu berhenti lantaran ada seorang penumpangnya yang mengalami kontraksi, hendak melahirkan bayinya,” kata Rikwanto seperti yang dilansir JawaPos.com.

Kemudian Kasat Lantas Polres Purwakarta AKP Arman yang kebetulan melintas di lokasi untuk melakukan pemantauan arus balik melihat bus itu berhenti. Akibatnya laju kendaraan lainnya tersendat.

“Saat dilihat oleh Kasat Lantas, ternyata ada seorang ibu yang tergeletak di pinggir jalan hendak melahirkan,” sambung dia.

Melihat hal itu, Arman kemudian mengambil tindakan untuk membantu ibu bernama Sukiati (43) yang merupakan warga Desa Tulis Selo Piro RT 03/03 Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Sukiati dievakuasi menuju rumah sakit.

“Ibu Sukiati tidak ditemani keluarganya, sehingga dibantu oleh AKP Arman,” tambah dia.

Dibantu penumpang lainnya, Arman lantas menggotong Sukiati ke dalam mobil dinasnya. Namun, karena kondisi arus lalu lintas cukup padat dan jarak tempuh ke rumah sakit cukup jauh, Sukiati akhirnya melahirkan di jalan.

Sukiati dan bayinya kemudian dibawa ke Rumah Sakit Siloam, Purwakarta. “Bayinya berjenis kelamin perempuan, sudah lahir,” lanjutnya. (Mg4/jpnn/jpg/nin)



loading...

Feeds