Dekan Faperta Nommensen Jadi Penguji Tamu S2 dan S3 di Kampus Republik Ceko

Dekan Faperta UHN Drs Samse Pandiangan MSc PhD saat memberikan pertanyaan dan masukan  pada sidang Doctoral Degree Tropical Faculty di CULS Ceko, baru-baru ini. (Istimewa)

Dekan Faperta UHN Drs Samse Pandiangan MSc PhD saat memberikan pertanyaan dan masukan pada sidang Doctoral Degree Tropical Faculty di CULS Ceko, baru-baru ini. (Istimewa)

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Dekan Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas HKBP Nommensen (UHN), Drs Samse Pandiangan MSc PhD menjadi penguji tamu di Czech University of Life Science (CULS), Republik Ceko baru-baru ini.

Samse menjadi penguji tamu program S2 dan S3 di kampus tersebut.

Rektor UHN Dr Ir Sabam Malau mengaku bangga bahwa dosen UHN ternyata bisa berkiprah di kancah internasional. Hal ini tentunya sejalan dengan misi UHN untuk goes international.

“Sejak awal tahun 2015 UHN telah memulai era baru yakni masuk ke pasar global untuk menghadapi tantangan dan peluang Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Untuk itu, Nommensen harus mampu bersaing agar tidak menjadi pecundang,” ujar rektor, Selasa (4/7).

Disebutkannya, dalam misi UHN goes international terdapat 8 program antara lain pengakuan internasional kepada alumni dalam bentuk belajar di luar negeri dan bekerja di luar negeri. Kemudian, layanan dengan mutu kelas dunia, kuliah internasional, publikasi ilmiah internasional, program studi campuran internasional, pertukaran dosen internasional, pertukaran mahasiswa internasional, dan dua gelar internasional.

“Berbagai hasil telah kita capai antara lain, sejak 1 April 2015 Nommensen telah menandatangani kesepakatan dengan 27 universitas terkemuka di Ceko, Amerika Serikat, Taiwan, Thailand, Jepang, Korea Selatan dan Malaysia,” papar rektor.

Lebih lanjut dikatakannya, selain melakukan kerja sama upaya lain untuk menuju universitas berkelas internasional yaitu dengan mengirimkan lebih dari 70 mahasiswa ke berbagai perguruan tinggi ternama di Taiwan dan Korea Selatan. Mereka kuliah selama satu semester atau praktek lapangan. Ditambah lagi dengan beberapa mahasiswa dan dosen yang mendapat beasiswa S2 dan S3.

Dekan Faperta UHN Samse Pandiangan menambahkan, sangat berterima kasih atas undangan dosen penguji tamu dari CULS. Dia menuturkan, ini merupakan sebuah momentum yang sangat bagus bagi pengembangan Faperta UHN kedepannya.

“Ini sebagai pembuktian orang Sumatera Utara bisa duduk bersama untuk kegiatan akademik dengan orang Eropa. Berarti kesederajatan dalam pengembangan IPTEK bisa kita kejar dengan bangsa Eropa sekalipun. Asalkan, kalau kita lebih bekerja keras lagi,” cetus Samse Pandiangan yang merupakan lulusan S2 dan S3 di University Of Wyoming USA ini.

Sementara Prof Ing David Herak dan Prof Ing Michal Petru PhD dari CULS menyatakan sangat senang atas kedatangan Dekan Faperta Drs Samse Pandiangan MSc PhD sebagai dosen penguji tamu. Kata dia, ini bisa menjadi ajang untuk saling tukar informasi dan juga akan melakukan berbagai inovasi penelitian antara CULS dan UHN karena memiliki visi dan misi yang sama.

“Kerja sama dengan UHN ini sangat penting bagi kami, karena banyak rencana strategis dalam bentuk pendidikan dan penelitian yang bisa dikembangkan bersama,” tutur Prof Ing David Herak PhD. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds

Gara-gara Video Ini, Kelakuan Al Ghazali Dibilang Mirip Bapaknya

“Jgn di bully,,,nanti bang ADP marah lagi,,,,Di maklumi sajjahhhh,” komentar akun [email protected]