Tak Juga Beri THR Karyawan, FSPMI Sumut Laporkan Tiga Perusahaan Ini ke Kemenaker

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Sumatera Utara telah melaporkan tiga perusahaan besar yang tidak membayarkan tunjangan hari raya (THR) pada pekerja/buruhnya.

 
Laporan itu disampaikan FSPMI Sumut kepada Kementrian Ketenagakerjaan (Kemenaker) di Jakarta.
“Sejak posko pengaduan THR kami buka 9 Juni lalu, ada puluhan pekerja yang melapor. Adapun para pekerja ini datang dari tiga perusahaan yang berada di Sumatera Utara,” kata Ketua FSPMI Sumut, Willy Agus Utomo pada wartawan,  Rabu (5/7/2017) siang.

 
Adapun tiga perusahaan yang dilaporkan masing-masing PT. Karya Delka Maritim yang beralamat di Belawan, PT. Perkebunan Sumatera Utara Kebun Tanjung Kasau Kabupaten Batubara, dan PT. Ace Hadware yang beralamat di Mall Centre Point Jalan Jawa Medan.

 
“Dari PT. KDM, pekerja yang melapor sebanyak 17 orang. Kemudian dari PT. PSU sebanyak tiga orang, dan dari PT. AH sebanyak satu orang,” ungkap Willy.

 

Para pekerja yang mengadu, sambungnya, sama sekali tidak mendapatkan THR.

 
Sementara perusahaan yang kurang membayarkan uang THR adalah PT. Medan Raya Gas Abadi yang beralamat di Tanjung Morawa, Deliserdang.

 
“Di PT. MRGA, ada 19 orang yang THR nya kurang diberikan oleh pihak perusahaan. Selain melaporkan ke Menteri Tenaga Kerja, kami juga melaporkan perusahaan-perusahaan ini pada Dinas Tenaga Kerja Sumut,” kata nya.

 
Willy berharap,  Disnaker Sumut segera menindaklanjuti laporan mereka,  karena janji mentri tenaga kerja akan menindak tegas perusahaan yang tidak memberikan THR kepada para buruhnya.

 
“Kemarin Menaker sudah buka posko pengaduan, sekarang ini kita tagih janjinya. Disnaker Sumut harus turun segera ke perusahaan yang kita adukan. THR buruh harus di berikan dan perusahaan tetap harus dapat sanksi akibat keterlambatan ini” tegasnya.

 
Sementae itu, Willy mengatakan bahwa posko pengaduan THR FSPMI Sumut masih dibuka hingga akhir Juli 2017
Ia mengimbau pada buruh di Sumut yang kemarin tidak mendapat THR dapat melapor ke posko pengaduan mereka.

 
“Walau sudah habis lebaran,  hak atas THR belum gugur. Bagi buruh yang belum dapat , kita masih buka posko pengaduan hingga akhir Juli mendatang. Kami siap bantu dan advokasi kasus kawan kawan buruh hingga tuntas,” pungkasnya.  (nin/pojoksumut)



loading...

Feeds