Tiga Tahun Terakhir, Tingkat Inflasi Lebaran 2017 di Sumut Tercatat Lebih Rendah

ilustrasi
pixabay

ilustrasi pixabay

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Utara (Sumut) menyatakan, tingkat inflasi selama lebaran 2017 tercatat lebih rendah dibanding 3 tahun terakhir.

“Realisasi inflasi Sumut pada bulan Juni 2016 tercatat 0,26% dan lebih rendah dari nasional 0,69%. Realisasi ini bahkan merupakan capaian inflasi lebaran terendah dalam 3 tahun terakhir dengan rata-rata sebesar 0,58%,” ungkap Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumut Arief Budi Santoso melalui keterangan tertulisnya yang dikirim via email, Kamis (6/7/2017).

Dijelaskannya, faktor yang membuat inflasi lebaran 2017 di Sumut dapat terkendali karena mampu diimbangi dengan baiknya pasokan di pasaran. Meskipun, permintaan masyarakat yang meningkat terkait musiman puasa dan hari raya Idul Fitri.

“Rendahnya capaian inflasi ini terutama didorong oleh baiknya pasokan pangan di pasaran, sehingga mampu menjaga lonjakan tekanan inflasi volatile foods,” jelas Arief.

Menurutnya, primanya pasokan pangan terutama bumbu-bumbuan mampu mendorong rendahnya capaian inflasi volatile foods yang kembali tercatat deflasi dari -0,56% pada bulan lalu menjadi -1,09% (mtm). Penurunan tekanan inflasi ini terutama didorong oleh rendahnya harga komoditas bumbu-bumbuan, yakni cabai merah dan bawang putih.

“Rata-rata harga cabai merah keriting di pasaran berdasarkan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis hanya Rp14.600/kg. Harga ini terendah dibandingkan dengan harga cabai merah keriting di kawasan Sumatera maupun Indonesia yang rata-rata mencapai Rp27.550/kg,” sebut Arief sembari menuturkan, tingkat produksi cabai merah di beberapa sentra produksi terpantau cukup baik terkait dengan pergeseran periode tanam.

Dia melanjutkan, penurunan tekanan inflasi juga terlihat pada kelompok telur, susu dan hasil-hasilnya. Inflasi telur ayam kampung dari 0,18% (mtm) menjadi -1,52% (mtm) serta telur ayam ras dari 0,11% (mtm) menjadi -1,04% (mtm).

“Preferensi masyarakat untuk mengkonsumsi daging sapi dan daging ayam ras dalam menyambut Idul Fitri menyebabkan permintaan akan komoditas telur relatif terjaga,” ujarnya.



loading...

Feeds

Bebaskan Tiga Rekan Kami!

Ketiga mahasiswa tersebut adalah adalah Sier Mensen (mahasiswa USU), serta Fadel dan Vikri (mahasiswa ITM). Saat ini, mereka ditahan di …

Bulan Depan, Sheza Idris Naik Pelaminan

Rencananya, pernikahan bakal mereka gelar pada hari Minggu,13 Agustus 2017. Sedangkan, proses akad nikah digelar sehari sebelumnya, yakni Sabtu,12 Agustus …