Mahasiswa Taiwan Belajar Budaya Indonesia di Nommensen

Mahasiswa asal Taiwan diabdikan bersama dengan WR IV UHN Dr Hilman Pardede MPd dan para fungsionaris saat berkunjung ke kampus tersebut, Jumat (7/7).
foto :  (Istimewa)

Mahasiswa asal Taiwan diabdikan bersama dengan WR IV UHN Dr Hilman Pardede MPd dan para fungsionaris saat berkunjung ke kampus tersebut, Jumat (7/7). foto : (Istimewa)

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Sebanyak 16 mahasiswa asal Taiwan dari Asia University (AU) dan Shih Chien University (SCU) berkunjung ke Universitas HKBP Nommensen (UHN) melalui program TWINDO Summer Program 2017. Dalam program kuliah singkat ini mereka belajar budaya Indonesia salah satunya Sumut.

Rektor UHN Dr Ir Sabam Malau mengatakan, kunjungan mahasiswa luar negeri tersebut adalah bukti bahwa program goes international yang merupakan misi UHN berjalan dengan baik. Hal ini juga membuktikan UHN telah diakui sebagai perguruan tinggi bertaraf international atau setidak-tidaknya sebagai universitas yang berpotensi berkelas dunia.

“Sejak awal tahun 2015, UHN telah memulai era baru yakni masuk ke pasar global yang disemangati oleh tantangan dan peluang Masyarakat Ekonomi ASEAN atau MEA. Untuk itu, Nommensen harus mampu bersaing di era MEA agar tidak menjadi pecundang,” ungkap rektor di sela-sela kunjungan mahasiswa asal Taiwan tersebut, Jumat, (7/7/2017).

Disebutkannya, dalam menuju goes international telah disiapkan 8 program untuk dijalankan. Antara lain, pengakuan internasional kepada alumni dalam bentuk belajar di luar negeri dan bekerja di luar negeri, layanan dengan mutu kelas dunia, kuliah internasional, publikasi ilmiah internasional, program studi campuran internasional, pertukaran dosen internasional, pertukaran mahasiswa internasional, dan dua gelar internasional.

“Berbagai hasil telah kita capai, sejak 1 April 2015 Nommensen telah menandatangani Nota Kesepahaman dengan 27 Universitas terkemuka di Ceko, Amerika Serikat, Taiwan, Thailand, Jepang, Korea Selatan dan Malaysia,” papar rektor.

Dia menambahkan, saat ini Nommensen telah mengirimkan lebih dari 70 mahasiswa ke berbagai perguruan tinggi ternama di Taiwan dan Korea Selatan untuk kuliah selama satu semester atau praktek lapang di sana. Bahkan, ada yang mendapat beasiswa S2 dan S3.

Wakil Rektor IV UHN Dr Hilman Pardede MPd didampingi mengatakan, kunjungan mahasiswa asal Taiwan tersebut terselenggara berkat kerja sama yang dijalin antara UHN dengan AU dan SCU selama ini. Didukung juga dari Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) dan Kantor Urusan Internasional (KUI) Universitas Indonesia (UI) sebagai partner KUI UHN.

“TWINDO Summer Program 2017 adalah sebuah program kuliah singkat yang didisain oleh OIA UHN. Tujuannya, sebagai langkah awal bagi UHN untuk mempersiapkan penerimaan mahasiswa internasional secara besar-besaran mulai tahun ajaran 2018/2019 nanti melalui Exchange Student Program,” jelas Hilman.

Ia melanjutkan, OIA UHN menargetkan akan ada lebih 50 mahasiswa luar negeri yang akan belajar selama 1-2 semester mengikuti perkuliahan reguler di UHN.

“UHN saat ini sudah bermain pada tataran global. Untuk itu, jangan pernah ragu kuliah di UHN kalau ingin mau jadi manusia internasional,” tandas doktor Lingustik USU ini didampingi Direktur OIA UHN Dr Mula Sigiro PhD. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds

3.457 Mahasiswa USU Diwisuda

"Dari 3.457 orang lulusan USU tersebut ini terdiri dari 1.248 orang pria (36,10%) dan 2.209 orang wanita (63,90%)," sebut Runtung.